Breaking News

December 18, 2018

Inilah Program Kerjasama Kesehatan Indonesia - Korea Selatan


FS.Paris(PRANCIS) - Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, drg. Oscar Primadi, MPH, mengadakan pertemuan bilateral dengan Deputy Minister for Planning and Coordination, Ministry of Health and Welfare of South Korea, Mr. Ganglip Kim, di sela-sela pertemuan Global Health Security Agenda (GHSA) Steering Group Meeting di Paris, Prancis (18/12).

 Pertemuan bilateral tersebut dilaksanakan sebagai langkah konkret implementasi MoU Kerja Sama Bidang Kesehatan Republik Indonesia-Korea Selatan yang telah ditandatangani sebelumnya oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia dan Menteri Kesehatan Korea Selatan pada 9 November 2017 di Bogor. Korea menyambut baik inisiatif Indonesia dalam menginisiasi penyusunan Draft Plan of Action (PoA) implementasi MoU RI-Korea Selatan.

 Sekjen Kemenkes RI, Oscar Primadi, menyatakan bahwa kedua belah pihak memiliki semangat yang sama, untuk menindaklanjuti implementasi MoU.

 “Kami telah mencapai konsensus untuk semua kegiatan yang dikembangkan dalam Rencana Aksi (Plan of Action/PoA). PoA mengelaborasi lebih detail program kerja sama prioritas untuk kedua belah pihak yang akan dilaksanakan selama periode masa berlaku MOU,” kata Oscar.

 Adapun program kerja sama dalam PoA yang yang telah disepakati kedua belah pihak, antara lain:

1.Kerja Sama transfer knowledge dan technology di bidang Robotic Surgery dan Organ                           Transplantation antara RSCM dan Seoul National University Hospital (SNUH)

2.Kerja Sama Pembangunan Pusat Ginjal RSCM (RSCM Kidney Center) dibawah asistensi SNUH

3.Kerja Sama Sister Hospital antara RS Jiwa Soeharto Herdjan dan Yong-in Mental Hospital

4.Pembangunan Pabrik Kantong Darah, kerja sama antara Kimia Farma and Tae-chang Korean               Pharmaceutical Company

5.Pengembangan Kapasitas Laboratorium Vaksin Biofarma melalui penyusunan Roadmap                     Pengembangan Vaksin Baru kerjasama dengan counterpartnya di Korea.

“Saya menilai bahwa kegiatan-kegiatan yang tercantum dalam Joint Action Plan merupakan bentuk kegiatan yang nyata yang dapat meningkatkan pembangunan kesehatan di kedua negara”, tutur Oscar saat berbincang-bincang dengan Ganglip Kim.




# dan | Humas Kemenkes

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!