Kota Padang Raih Penghargaan Anugerah Kencana 2018 - Fokussumatera

Breaking News

Kota Padang Raih Penghargaan Anugerah Kencana 2018


FS.JAKARTA - Kota Padang kembali meraih penghargaan di penghujung tahun 2018. Kali ini, Wali Kota Padang Mahyeldi menerima penghargaan Anugerah Kencana 2018 Tingkat Provinsi dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Hotel Grand Sheraton Jakarta, Minggu malam (23/12/2018).

Anugerah Kencana merupakan penghargaan tertinggi dari negara terhadap pemerintah daerah maupun kabupaten/kota yang berhasil dalam membangun Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Dikesempatan itu, mewakili Menko PMK, Menteri Kesehatan Nila Moeloek dalam sambutannya mengatakan, Indonesia akan menghadapi bonus demografi di tahun 2030, karena itu membutuhkan peran penting pemerintah pusat dan daerah dalam menyiapkan generasi yang berkualitas. Program KKBPK dan juga kegiatan prioritas lainnya diarahkan mewujudkan membangun Indonesia dari pinggiran, selaras dengan Nawa Cita.


“Anugerah Kencana adalah bentuk apresiasi bagi pemerintah daerah, kabupaten/kota yang telah memberikan dukungannya dalam program KKBPK. Kependudukan dan pembangunan dapat meningkatkan kualitas hidup manusia,” kata Nila Moeloek, di Hotel Grand Sheraton, Jakarta.

Sementara itu, Wali Kota Padang Mahyeldi usai menerima penghargaan Anugerah Kencana 2018, mengatakan, komitmen Pemerintah Kota Padang, dukungan dan peran serta semua pihak dalam pelaksanaan program KKBPK menjadikan Kota Padang terbaik di Sumatera Barat. Hasilnya, Kota Padang meraih penghargaan Anugerah Kencana dari BKKBN.

“Kerja keras kita tidak berhenti sampai disini. Penghargaan Anugerah Kencana harus menjadi pemicu dan pemacu peningkatan program KKBPK di Kota Padang”, ungkap Mahyeldi yang didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat Syahruddin.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang, Heryanto Rustam, mengatakan, Penghargaan Anugerah Kencana yang diraih Kota Padang juga berdasarkan prestasi Kota Padang dalam pengelolaan program KKBPK, seperti pemenang berbagai lomba di Harganas 2018. Diantaranya, Juara I PIK-R Jalur Sekolah, Juara MKJP, Juara Motivator KB, Juara Pidato Kependudukan, Juara PIK-R Putra Jalur Masyarakat.

“Aspek lainnya, capaian peserta KB baru tahun 2018 di Kota Padang melebihi 100% (MOP dan MOW), sehingga mendukung BKKBN Sumatera Barat masuk nominasi terbaik tingkat nasional. Penambahan peserta KB baru menjadi peserta aktif melebihi di atas 25%. Serta, total TFR Kota Padang mencapai 2,3 di bawah rata-rata Sumatera Barat dengan capaian TFR 2,5”, ungkap Heryanto.


Ditambahkannya, prestasi lainnya yang diraih Kota Padang adalah Kampung KB Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara menjadi Kampung KB terbaik di Sumatera barat dan menjadi Kampung KB Percontohan di Ranah Batuah itu.

“Penghargaan Anugerah Kencana diraih Kota Padang berkat kerjasama seluruh pihak, baik SKPD Kota Padang, Forkopimda Kota Padang, masyarakat Kota Padang, serta organisasi vertikal lainnya”, tutur Heryanto.

Penghargaan Anugerah Kencana juga diberikan kepada lima propinsi, Jawa Timur, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan dan Provinsi Riau. Dan 29 Kab/Kota, serta iklan terbaik di media massa yang mendukung program KKBPK. 




# dan | Humas Kota Padang/LL

No comments