Breaking News

January 8, 2019

Kampus IV UIN Sumut Mulai Dibangun, Menag Ingatkan Kontraktor : Kita Tidak Semata Bangun Fisik Tapi Juga Peradaban


FS.Deli Serdang(SUMUT) - Tombol sirine sudah ditekan dan sekop pasir pun sudah ditaburkan. Hal itu dilakukan bersama Menag Lukman Hakim Saifuddin didampingi Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin,  Rektor UIN Sumut Saidurrahman, serta perwakilan kontraktor pembangunan. 

Prosesi tersebut sekaligus menandai dimulainya proses pembanguanan Kampus IV UIN Sumut. Kampus ini berlokasi di kawasan Tuntungan, Deli Serdang,  Sumatera Utara. 

Ada tujuh gedung yang akan dibangun pada lahan seluas 20 hektare di kampus IV UIN Sumut ini. Ketujuh bangunan itu adalah gedung administrasi, perpustakaan, laboratorium, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam,  Fakultas Sains dan Teknologi,  Fakultas Ilmu Sosial,  dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Menag mengaku dalam empat tahun terakhir fokus dalam penguatan sarana dan prasarana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Menurutnya,  total ada 58 PTKIN,  terdiri dari: 7 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN),  34 Institut Agama Islam Negeri (IAIN),  dan 17 Universitas Islam Negeri (UIN). 

"Kemenag serius membenahi PTKIN. dari 58 PTKIN,  tidak ada satupun yang tidak memiliki gedung baru," jelas Menag di hadapan ratusan civitas akademika UIN sumut di Deli Serdang,  Selasa (08/01). 

"Kita memang masih kurang sarana. Apalagi animo masyarakat sangat besar. Kita berupaya menyediakan sarana pra sarana," sambungnya. 

Menag mengingatkan semua pihak, termasuk kontraktor, agar sejak awal meniatkan bahwa pekerjaan ini tidak semata membangun fisik, tapi juga peradaban.  "Kita tidak semata sedang menuntaskan target fisik proyek semata. Tapi,  kita sedang membangun peradaban dunia," tuturnya. 

"Tanamkan kesadaran ini bahwa setiap cangkulan punya makna ukhrawi yang luar biasa. Karena kita sedang membangun peradaban," tandasnya. 

Rektor UIN Sumatera Utara Saidurrahman menyampaikan terima kasih atas kinerja semua pihak dalam rangka pembangunan 7 gedung di UIN Sumut. 

Dia menargetkan pada Maret 2020, kampus sudah bisa digunakan dan akan ditempati empat fakultas, yaitu: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam,  Fakultas Sains dan Teknologi,  Fakultas Ilmu Sosial,  Fakultas Kesehatan Masyarakat.




# dan | Humas Kemenag

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!