Breaking News

Jalan Raya Pandan-Galapuang Agam Terputus Akibat Longsor



FS.Agam(SUMBAR) - Hujan lebat kembali mengguyur daerah Kecamatan Tanjung Raya,Kabupaten Agam.Curah hujan yang tinggi ini memicu tanah longsor di daerah jalan salingka danau Maninjau .Akibatnya longsor terjadi di jalan jorong Pandan menuju jorong Galapuang,Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya (18/7) terputus.

Hingga Jumat,(19/7) dini hari, akses jalan masih terputus, karena upaya pengananan masih akan dilakukan menunggu alat berat, mengingat volume longsor cukup tinggi.

Untuk penanganan darurat, tim gabungan penanggulangan bencana dari BPBD Agam, Satpol PP- Damkar, jajaran kepolisian bersama masyarakat sudah berada di lokasi kejadian untuk langkah penanganan lebih lanjut.

Terjadinya musibah tersebut dibenarkan Kasatpol PP- Damkar Agam Kurniawan Syahputra dan Lukman Syahputra, staf Pusdal Ops.BPBD Agam, Jumat dini hari.

"Saat ini seluruh tim penanganan pasca bencana sudah berada di lokasi kejadian untuk penanganan awal, personil kita sudah di lokasi kejadian untuk proses pembersihan material longsor,” sebut Kurniawan Syahputra.

Informasi yang di dapat fokussumatera.com di lokasi kejadian, longsor diperkirakan terjadi sekitar pukul 22.00 WIB, dengan ketinggian longsor sekitar 10 meter dengan bentangan sekitar 30 meter, sehingga akses jalan sama sekali tidak bisa dilewati.

” Kita masih menghimpun informasi di lapangan. Laporan awal, tidak ada korban, maupun rumah dan sarana milik warga yang terdampak, namun jalan sama sekali tidak bisa dilewati,” ulas Lukman Syahputra.

Saat ini, tim penanganan sudah mengamankan jalur tersebut dari aktivitas masyarakat, termasuk mengevakuasi warga dari hal-hal yang berpotensi merugikan masyarakat.(Def).