Breaking News

July 25, 2019

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Informasi, Pemkab Agam Berikan Pelatihan KIM



FS.Agam(SUMBAR) - Pelatihan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dibuka secara resmi oleh Bupati Agam melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Ir Erniwati Msp di aula utama kantor Bupati Agam Kamis (25/7) 

Dalam sambutannya Erniwati mengatakan , KIM diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran informasi sebagai suatu sumber pengetahuan. Sekaligus, meningkatkan kemampuan untuk mengakses dan menyebarluaskan informasi.

“Keberadaan KIM dibentuk oleh, dari, dan untuk masyarakat yang secara mandiri serta kreatif mengelola informasi. Untuk itu, diharapkan kelompok ini menjadi sarana komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyakat,” tegasnya.

Dijelaskannya, banyak yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, salah satunya dengan cara memberikan pengetahuan melalui pelatihan, bimbingan teknis, dan sosialisasi berbagai materi pokok kepada masyarakat secara langsung.

“Pemerintah sebagai regulator, fasilitator membuat kebijakan publik, juga sebagai katalisator untuk menggerakan, memberdayakan segala potensi serta partisipasi seluruh lapisan masyrakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan,” ujarnya menjelaskan.

“Pemerintah Kabupaten Agam berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas kelompok-kelompok tersebut. Sehingga, SDM dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan terus meningkat,” ungkapnya.

Sementara itu Kadis Kominfo Kabupaten Agam , Fauzan Helmy Hutasuhut mengatakan, latar belakang dari kegiatan ini berdasarkan peraturan Mentri Kominfo no 8 tahun 2010 dan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Agam yang inovatif. Untuk itu, sangat diperlukan keterlibatan dan dukungan seluruh stakeholder tak terkecuali dari KIM tersebut.

“Kegiatan ini dihadiri oleh dua orang perwakilan dari 17 KIM yang ada di 12 kecamatan di Kabupaten Agam. Narasumber kita mendatangkan Ketua Komisi Informasi, Adrian dan Balai Pengawas Obat dan Makanan Sumatera Barat, Lega Fatman.(Def).

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!