Breaking News

Lazuardi : Peran Pagar Ayu Sangat Penting Pada Acara Pelantikan Anggota DPRD Sumbar


FS.Padang(SUMBAR) - Ada yang menarik pada acara Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat masa jabatan tahun 2019-2024 pagi ini, Rabu (28/8). Acara pelantikan para legislator Sumbar itu dimeriah oleh deretan pagar ayu serta ornamen Minang Kabau.
Kasubag Humas dan Protokoler Sekretariat DPRD Sumbar, Lazuardi saat berbincang dengan awak media mengatakan sangat mengapresiasi kehadiran para pagar ayu tersebut. Ia mengatakan peran pagar ayu pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Anggota DPRD Sumbar dapat memberikan kesan ramah pada para tamu yang datang.
"Peran pagar ayu sangat penting dalam pengucapan sumpah/janji Anggota DPRD.Mereka bertugas menerima tamu, berinteraksi dengan para tamu, hingga mengiringi anggota dewan yang baru. Barisan pagar ayu terdiri dari pegawai humas DRPD Sumbar.Pagar ayu menggunakan pakaian adat Minangkabau yang mudah dikenali oleh para tamu," ungkap Lazuardi.
Dalam pengucapan sumpah/janji, para pagar ayu yang jumlahnya cukup banyak menggunakan adat Minangkabau. Pakaian adat Minangkabau tampak ada memakai Salempang ialah aksesoris ini merupakan selendang biasa yang dibuat dari kain songket.
Perlengkapan ini diletakkan pada bagian pundak wanita yang mengenakannya. Salempang memiliki arti filosofis bahwa wanita wajib memiliki rasa belas kasih pada anak-anaknya dan cucu-cucunya.
Sementara itu Lazuardi juga berharap, "semoga acara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Anggota DPRD Sumbar masa jabatan 2019-2024 yang berjumlah 65 orang itu dapat berjalan lancar dan sukses," tutupnya.(dan)