Lestarikan Budaya Minangkabau, Dinas Kebudayaan Sumbar Gelar "Silek Arts Festival 2019" - Fokussumatera

Breaking News

Lestarikan Budaya Minangkabau, Dinas Kebudayaan Sumbar Gelar "Silek Arts Festival 2019"



FS.Padang(SUMBAR) - Suku Minangkabau yang terkenal dengan keunikannya merupakan suku tertua dan terbesar di nusantara.Budayanya juga dikenal sangat beragam dan tersohor hingga mancanegara, mulai dari Silek, Randai, Tari piring dan banyak lagi budaya lainnya.Tidak hanya budaya, kulinernya pun sangat digemari hingga pelosok negeri, salahsatunya yaitu rendang.

Bahkan saking unik dan beragamnya Budaya Minangkabau yang terletak Sumatera Barat ini, banyak negara-negara yang mengklaim bahwa budaya tersebut berasal dari daerahnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Dra Gemala Ranti melalui Sekretaris, Yudha Prima membenarkan hal tersebut dan mengatakan akan melakukan upaya-upaya untuk melestarikan budaya dan kuliner Minangkabau.

"Kita akan melakukan upaya dan langkah-langkah agar budaya Minangkabau selalu terpelihara dan tidak seenaknya saja diklaim oleh negara lain dengan cara menghadirkan kembali pagelaran-pagelaran budaya dan seni Minangkabau ketengah masyarakat yang mana sebelumnya pagelaran tersebut hanya diadakan di sudut daerah dan jauh dari jangkauan masyarakat," ujar Yudha saat diwawancarai diruangannya, Kamis (1/8).


Selanjutnya Yudha menambahkan dalam rangka melestarikan budaya Minangkabau, Dinas Kebudayaan Sumbar akan mengadakan Festival Silek yang bertema "Silek Arts Festival 2019" yang akan digelar dibeberapa kota/kabupaten di Sumbar yaitu, Padang, Solok, Sijunjung, Payakumbuh dan Agam.Festival tersebut akan dimulai pada tanggal 19 sampai 31 Agustus.

Terakhir Yudha mengajak seluruh masyarakat Sumatera Barat agar senantiasa mau menjaga dan melertarikan budaya, seni dan kuliner khas Minangkabau supaya tergeser oleh pesatnya kamajuan zaman.

"Mari kita jaga dan lestarikan budaya yang kita cintai ini agar hilang oleh perkembangan zaman, "tutupnya.(dan)