Panglima Koarmada I Yudho Margono Pimpin Upacara Sertijab Danlantamal II Padang - Fokussumatera

Breaking News

Panglima Koarmada I Yudho Margono Pimpin Upacara Sertijab Danlantamal II Padang


FS.Padang(SUMBAR) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut II (Lantamal II) Padang laksanakan upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab)  Komandan Lantamal II Padang dari Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman,M,Sc kepada Laksamana Pertama TNI Davit Santoso  di Mako Lantamal II Padang Teluk Bayur, Jumat (23/8).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Panglima Koarmada I, Laksmana Muda TNI Yudho Margono yang membawahi Wilayah Laut Indonesia bagian barat. Saat diwawancarai awak media, Yudho berharap mudah-mudahan dengan kepemimpinan Danlantamal yang baru ini disa mengeluarkan kebijakan dapat  meningkatkan kinerja Lantamal II Padang dan menjaga wilayah laut Indonesia khususnya laut bagian barat dari hal-hal yang dapat merusak ekosistem laut.

“Saya selaku Panglima Koarmada I membawahi salah satunya Lantamal II ini, mengucapkan terima kasih kepada kepemimpinan sebelumnya Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, karena sudah bekerja dengan baik dan dapat menjaga wilayah kerja dari Lantamal II yang terdiri dari Bengkulu, Nias, sampai ke Sibolga dan tentu wilayah laut Samudera Hindia,” ucapnya.

Ditambahkan Yudho, penangkapan ikan di samudera Hindia oleh kapal-kapal asing yang menjadi titik fokus utama kerja dari Lantamal II Padang ini. Dibanding Selat Malaka, wilayah kerja Lantamal II ini relatif kondusif.

"Semoga dengan kepemimpinan Laksamana TNI Davit Santoso yang baru ini bisa meneruskan kebijakan dari Danlantamal yang lama yang masih relevan dan bagus, terutama juga harus diperhatikan kesejahteraan prajurit, keamanan wilayah maritim, dan pembinaan potensi maritim di wilayah kerja Lantamal II Padang, "katanya.

Sementara itu, Laksamana TNI Davit Santoso, Komandan Lantamal II Padang yang baru saja dilantik menuturkan kepada media, beberapa programnya ialah mempertegas penegakan hukum di wilayah laut, serta melebarkan sayap dengan bersinergi ke PolAir, Pakamla dan instansi yang terkait guna memperketat pengawasan di wilayah kerja Lantamal II Padang.

“Program saya jelas meneruskan kebijakan-kebijakan sebelumnya, dan saya terus kembangkan serta tingkatkan kinerja kita lagi khusus di wilayah Samudera Indonesia. Kita juga menggandeng institusi lain seperti Pol Air, Pakamla guna menegakkan hukum di laut. Kita juga berharap dukungan baik itu dari media cetak, media elektronik, serta media online, karena ini merupakan perwajahan dari kami kepada masyarakat, karena dengan berita itu, masyarakat bisa tahu bagaimana kinerja-kinerja dari kami dan instansi,” pungkasnya.

Upacara Sertijab tersebut turut dihadiri oleh Danrem 032/WBR, Danlanud, Kapolda Sumbar, Walikota Padang, Dandim 0312 Padang, dan segenap unsur Forkopimda Kota Padang.(dan)