Tingkatkan Sinergitas Bersama Pembina dan OPD, TP PKK Gelar Rakor - Fokussumatera

Breaking News

Tingkatkan Sinergitas Bersama Pembina dan OPD, TP PKK Gelar Rakor


FS.Sarolangun(JAMBI) - Guna meningkatkan sinergitas dan menyinkronkan kebijakan program yang dilaksanakan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Sarolangun melakukan kegiatan rapat koordinasi (Rakor) bersama Pembina dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Kamis (07/11) kemarin di aula gedung PKK Kabupaten Sarolangun.

Hadir dalam kegiatan tersebut dihadiri Ketua Dewan Pembina Drs H Cek Endra diwakili Asisten II Ir Dedi Hendri, Ketua TP PKK Kabupaten Sarolangun Ny Hj Rosita Endra, Wakil Ketua PKK Ny Lili Suriani Hilal beserta jajarannya, Kepala Dinas PMD Mulyadi serta para Kepala OPD terkait, dan jajaran pengurus dan para kader PKK Kabupaten Sarolangun.

Asisten II Ir Dedi Hendri mengatakan bahwa pelaksanaan rakor ini tentu sebagai salah satu ajang silaturahmi untuk saling bertukar pikiran antar pemerintah daerah bersama tim penggerak PKK, guna melakukan evaluasi program kerja yang dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten Sarolangun pada tahun 2019 ini.

Sebab, TP PKK merupakan salah satu mitra pemerintah daerah kabupaten sarolangun yang memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya membantu pemerintah melakukan percepatan pembangunan di Kabupaten Sarolangun.

Jadi sangat wajar kalau pemerintah daerah memberikan dukungan kepada kegiatan yang dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Sarolangun, sesuai dengan amanat Peraturan Presiden nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

"Kita dari sisi anggarkan kita anggarkan untuk kegiatan PKK dan juga keterlibatan opd dalam program kegiatan pkk ini, memang kita akan evaluasi untuk bagaimana lebih aktif lagi dan komunikasinya lebih baik lagi. Dengan kegiatan ini bagaimana seluruh opd terkait bersinergi dengan  PKK, Insa allah hasil yang akan dicapai akan lebih sempurna," katanya.

Dedi Hendri juga mengatakan bahwa salah satu faktor pendukung keberhasilan opd dalam melaksanakan program kerja, terciptanya berkat adanya dukungan para tim penggerak PKK yang aktif. Maka, tentu kedepan bagaimana koordinasi opd dengan PKK ini lebih intens lagi sehingga dapat meningkatkan prestasi yang bisa dicapai oleh tim penggerak PKK kabupaten Sarolangun.

"Selama ini bagus koordinasinya sudah jalan, cuman tinggal nanti bagaimana untuk hampir semua kegiatan PKK ini bisa terlibat dengan opd. Harapan kita prestasi PKK ini semakin meningkat dan yang sudah diraih agar bisa dipertahankan, kedepan tentu akan semakin meningkat lagi, apalagi kalau kita bisa pastikan bahwa kegiatan di PKK ini tidak ada yang terlewatkan," katanya.

Ketua TP PKK Sarolangun Ny Hj Rosita Endra mengatakan bahwa program PKK ini memang dilakukan secara berjenjang dan bersifat konsultatif serta koordinatif, maka melalui rakor ini diharapkan terciptanya komitmen yang lebih baik lagi antara pengurus PKK dengan seluruh opd terkait untuk melaksanakan tugas dalam mensejahterakan masyarakat Kabupaten Sarolangun, khususnya dalam melaksanakan 10 program pokok PKK.

"Tentunya PKK hampir semua program kita adalah bersinergi dengan opd. Mana program belum teraplikasikan, maka kita sama-sama turun membina masyarakat, yang tadinya tidak tau menjadi tau, kalau ada bantuan yang belum dikeluarkan kita keluarkan, kita berkoordinasi sifatnya, "katanya.

Rosita Endra juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah kabupaten sarolangun yang selama ini terus memberikan dukungan dan kepercayaan terhadap TP PKK Sarolangun untuk melaksanakan kegiatan PKK yang sudah direncanakan.

Katanya, sejumlah penghargaan pun bisa diraih oleh TP PKK Sarolangun, seperti dua kali juara umum secara berturut-turut lomba P2WKSS tingkat Provinsi Jambi, Juara I lomba tertib administrasi PKK tingkat Nasional mewakili Provinsi Jambi, Juara Umum Jambore PKK tingkat Provinsi Jambi Tahun 2019, serta prestasi lainnya yang juga tidak kalah pentingnya.

"Tujuannya yang selama ini alhamdulillah berprestasi cukup baik, bisa membanggakan, kedepan kita harap lebih ditingkatkan lagi. Kita minta opd lebih proaktif lagi membantu kami, koordinatif lagi yang harus ditingkatkan dengan komunikasi yang aktif," katanya.

"Saya harapkan bukan hanya prestasi saja, tapi bagaimana semua benar-benar masyarakat bukan hanya PKK saja tapi kesejahteraan masyarakat benar-benar bisa tercapai dan terwujud, masyarakat kita sejahtera, bantuan bisa tepat sasaran dan pembangunan dapat dirasakan semua elemen masyarakat sehingga pembangunan merata dan Sarolangun ini lebih maju dan sejahtera," kata dia menambahkan.



Ros/iid

No comments