February 20, 2020

Jalan Penghubung Kota Sawahlunto-Kabupaten Tanah Datar Rusak Akibat Pengerjaan Dam



FS.Sawahlunto(SUMBAR) - Jalan penghubung antara Kota Sawahlunto, Kecamatan  Talawi menuju  Kabupaten Tanah Datar yang  melalui Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting tepatnya di Desa Kumbayau, di depan Sekolah Dasar (SD) ‘Pakan Akad’ saat ini dalam kondisi sangat memprihatinkan.

Kondisi jalan  yang merupakan turunan terjal serta bengkolan tersebut kondisinya makin parah akibat dampak dari pembangunan Dam Sekolah Dasar yang berada dekat lokasi jalan tersebut. Berdasarkan pantauan fokussumatera.com, Kamis (20/2/2020) jalan tersebut saat ini dalam kondisi  rusak berat, terutama setelah pengerjaan Dam tebing Sekolah Dasar tersebut.

"Masyarakat juga mengeluhkan jalan yang rusak di depan  SD ‘Pakan Akad’ ini. Apalagi yang rusak turunan terjal yang sangat membahayakan pengguna jln tersebut’’ kata Rico yang termenung melihat ban motornya yang bocor saat melalui jalan ini.

Menurut keterangan Kepala Desa Kumbayau yang didampingi Kepala Dusunnya mengatakan bahwa kondisi jalan tersebut sudah dilaporkan ke pihak terkait. 

‘’Dan sudah dilayangkan Surat Resmi dari Pemerintahan Desa Kumbayau, untuk mendapatkan bantuan dan perhatian agar segera dilakukan perbaikan, agar jalan tersebut segera berfungsi dengan baik’’ ujar Kepala Desa Kumbayau sambil  memperlihatkan surat pemberitahuan tersebut kepada fokussumatera.com  di ruang kerjanya.

Sedangkan Kabid Bina Marga yang dijumpai di ruang kerjanya mengatakan membenarkan tentang  kondisi jalan tersebut yang memang benar dalam keadaan rusak berat.

‘’Pemerintah sudah mengambil keputusan dan kebijakan dan sudah ada rencana pengerjaan jalan tersebut yang Insya Allah dilaksanakan minggu depan, dengan swakelola oleh Dinas Pekerjaan Umum. Dan ini sudah diberi tahu kepada Kepala Desa agar disampaikan kepada masyarakat karena dalam pengerjaan diharapkan jalan ditutup selama 14 hari, supaya hasilnya bisa maksimal’’ jelasnya.

Kabid Bina Marga juga mengatakan bahwa jalan tersebut akan dikerjakan memakai redemit. Pemerintah berharap semoga dengan diperbaikinya jalan ini dapat berfungsi dengan baik dan masyarakat tidak lagi mengeluh akan kondisi jalan yang rusak. Selain itu lalu lintas juga akan berjalan lancar dan manfaatnya akan dirasakan dengan baik oleh masyarakat pengguna jalan.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!