February 28, 2020

Kurangnya Anggaran Operasional Kecamatan, Berdampak pada Menurunnya Pelayanan Terhadap Masyarakat



FS.Tanah Datar(SUMBAR) - Kecamatan Lima Kaum adalah Kecamatan di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dengan jumlah penduduk berdasarkan luas wilayahnya, yaitu 716 jiwa/Kilometer Persegi, dan merupakan pusat Kabupaten Tanah Datar dilihat dari sisi aktivitas ekonomi dan pendidikan. Dengan jumlah penduduk yang demikian tentunya aktivitas masyarakat di Kecamatan Lima Kaum cukup padat yang meliputi aktivitas ekonomi, pendidikan, sosial dan lainnya.

Pelayanan yang diberikan di Kantor Pemerintahan pun cukup padat dengan banyaknya jumlah penduduk yang akan dilayani. Hal tersebut tentunya membutuhkan pelayanan ekstra cepat, tepat dan kualitas pelayanan yang baik, serta sesuai dengan prosedur pelayanan yang benar.

Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas yang mampu melayani masyarakat dengan baik. Sementara untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas pelayanan yang baik, Pemerintah Kecamatan mebutuhkan personil yang cukup baik dari segi jumlah maupun kualitas. Untuk mencapai semua itu dibutuhkan anggaran operasional yang cukup dan sesuai dengan standar pelayanan masyarakat.

Kurangnya anggaran operasional dalam Pemerintah Kecamatan berdampak pada menurunnya  pelayanan pemerintahan Kecamatan terhadap masyarakat. Seoperti contohnya di kecamatan  Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Drs. Hendra Setiawan selaku Camat Lima Kaum dalam acara Musrenbang Kecamatan Lima Kaum, yang di gelar Kamis,27 Februari 2020 kemaren,di Aula Kantor Camat setempat.

Dalam sambutanya, Drs.Hendra  menyampaikan permohon maaf kepada seluruh lapisan masyarakat Lima Kaum karena tidak bisa memuaskan semua pihak dalam pelayanan karena kondisi anggaran yang membatasinya.

"Ditambah lagi, permasalahan di kecamatan kurangnya aparatur yang bekerja di kecamatan Lima Kaum, sehingga  beberapa personil harus mengerjakan tugas rangkap.Sebagai contoh ada dua orang kasi yang tidak mempunyai staf sehingga harus merangkap tugas demi terpenuhi pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.


Drs. Hendra juga berharap agar apa yang menjadi program prioritas di Kecamatan Lima Kaum dapat juga menjadi prioritas di Tingkat Kabupaten, sehingga pembangunan yang telah dirumuskan dapat direalisasikan untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu jug dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.Karena sejatinya Musrembang diadakan  untuk menampung aspirasi masyarakatnya demi  meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan ekonomi daerah dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam tata kelola pemerintahan yang baik.

Sementara itu, Anggota Dewan Alfian Jambra menambahkan bahwa kekurangan aparatur di pemerintahan Kecamatan tidak menjadi hambatan untuk menjalankan tugas- tugas berat melayani masyarakat Kecamatan Lima Kaum.

"Kurangnya tenaga kerja di kantor kami tidak menjadi halangan dalam menghadapi  tugas besar yang sangat di butuhkan masyarakat. Alhamdulillah, kami masih bisa melaksanakan kegiatan seperti yang sekarang ini dan kegiatan MTQ tingkat Kabupaten tahun 2020 ini," paparnya .

Hadir dalam acara  Musrenbang Kecamatan Lima Kaum, Ketua tim Musrembang Kabupaten, DPRD Kabupaten Tanah Datar untuk Kecamatan Lima Kaum, Alpian Jambra, Abu Bakar, Adrijinil Dt. Rangkayo Mulia, Kesra Kementrian Agama Tanah Datar, Afrizon S,Ag, para tokoh masyarakat Lima Kaum dan undangan lainnya. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!