March 20, 2020

Cegah Dampak Covid-19 , Walikota Deri Asta Himbau Warga Peduli Higienitas dan PHBS


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Walikota Sawahlunto, Deri Asta menghimbau warganya peduli pada higienitas dan menjaga imunitas tubuh untuk mencegah terdampak Virus Corona (Covid-19).

"Kita harus menjaga higienis, banyak cuci tangan dan menjaga tubuh agar fit dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan mengkonsumsi makanan sehat," kata Walikota Deri Asta, Kamis ,19 Maret 2020 saat berkunjung ke Posko Tanggap Covid-19, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Sawahlunto.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Sawahlunto akan segera mengeluarkan edaran untuk masyarakat mengenai pencegahan Corona Covid-19. Selain menghimbau masyarakat, Pemko Sawahlunto sudah punya Posko Corona dan Tim Pencegahan. 

Dikemukakan Walikota, meski tidak ada ditemukan kasus Corona, Pemko tetap memantau dan mengantisipasi kemungkinan yang mungkin terjadi, karena dampak Virus Corona bisa saja menyerang siapa saja, ibarat monster yang siap menerkam mangsanya. 

Selain itu Pemko Sawahlunto juga telah menyediakan Ruang isolasi untuk menampung sementara pasien Corona sebelum dikirim ke rumah sakit rujukan, yang disediakan di Rumah Sakit Umum Daerah  (RSUD) Kota  Sawahlunto. 

Pada kesempatan tersebut Walikota Deri Asta didampingi Kepala Dinas Kesehatan Yasril dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sawahlunto, Adri Yusman melihat Posko Corona di Sungai Durian yang menempati Public Service Center. Di Posko itu juga sudah ada Ambulance yang standbay dengan nomor panggilan 119. 

Selain menghimbau menjaga higienitas dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mencegah Virus Corona, Walikota Deri Asta juga menghimbau agar semua unsur komponen masyarakat bergotong royong membersihkan lingkungan masing-masing, seperti rumah, masjid, kantor dan lain sebagainya.


"Kita juga menunda kegiatan yang menghimpun banyak masyarakat, karena salah satu penyebab terinfeksi Covid-19 terjadi karena adanya kontak yang mengeluarkan cairan tubuh yang keluar saat berbicara, batuk dan bersin," ujar Deri.

‘’Untuk itu atas nama Pemerintah, saya menghimbau masyarakat agar menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing, seperti di rumah, kantor dan tempat ibadah/masjid’’ kata Deri Asta.

Ditambahkannya, Pemko Sawahlunto melengkapi langkah pencegahan dan antisipasi lain sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditentukan. Berkaitan dengan sekolah diliburkan tetap mengacu pada kebijakan Pemerintah Provinsi.

Deri berharap dengan adanya tindakan pencegahan tersebut masyarakat khususnya Kota Sawahlunto dan Sumatera Barat umumnya dapat terhindar dari terjangkitnya Virus Corona (Covid-19). (Z.Z/Y)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!