March 26, 2020

Hadiri Khatam Qur'an Masjid Nurul Huda, Wabup Tanah Datar : Bentengi Diri Dengan Agama


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Pada zaman globalisasi yang penuh dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)  yang serba canggih ini, selain pengaruh positif juga tak sedikit dampak negatif yang ditimbulkan. Mengantipasi pengaruh negatif yang kian deras saat ini, generasi muda penerus masa depan perlu didorong datang dan belajar agama ke masjid dan surau-surau sehingga bisa menjadi benteng diri yang kokoh.

Hal ini dipesankan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma pada  saat  menghadiri perayaan Khatam Al-Qur’an di Masjid Nurul Huda, Jorong Pato,  Nagari Batu Bulek,  Kecamatan Lintau Buo Utara,  Minggu (22/03/2020) lalu.

Wabup Zuldafri mengajak masyarakat dan generasi muda khususnya untuk membentengi diri dengan agama, karena  pengaruh negatif tersebut bahkan bisa menjerumuskan dan menghancurkan masa depan generasi muda. Karena generasi muda sangat rentan terhadap pengaruh negatif dalam jiwanya yang masih sangat labil.

Penyalahgunaan narkoba, minuman keras, judi dan perbuatan asusila patut diwaspadai termasuk pemakaian kemajuan teknologi informasi yang sudah masuk ke seluruh kelompok umur juga harus disikapi dengan bijaksana.

Di kesempatan itu Zuldafri juga mengingatkan virus Corona (Covid-19) sudah menjadi ancaman global.

Menyikapinya pesan Zuldafri, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)  menjadi proteksi yang dibutuhkan dan ini perlu disadari serta menjadi gerakan bersama melawan virus yang sudah menelwan korban ribuan jiwa.


“Pemerintah daerah pun sudah menyampaikan dan mengajak kegiatan yang mengundang masyarakat banyak untuk sementara diundur, namun kegiatan hari ini panitia tidak mengundurnya karena persiapannya mungkin sudah final. Untuk itu mari kita bermohon kepada-Nya dengan hati yang ikhlas, kegiatan anak-anak kita belajar agama-Nya bisa menjadi penawar dan penyejuk kita semua, dijauhi segala macam marabahaya,” harap Zuldafri.

Dikatakan, jika hanya menyerahkan hasilnya kepada takdir Allah SWT tidaklah cukup dan tidak tepat, melainkan sesuai ajaran agama perlu usaha yang maksimal mencegahnya.

Wabup juga ingatkan, masyarakat harus peduli dengan lingkungannya. “Kenali lingkungan dan masyarakat sekitar, jika ada di antara kita atau mengetahui ada masyarakat yang menderita gejala terjangkit Covid-19, segera lapor wali jorong, wali nagari atau kunjungi puskesmas agar bisa diambil tindakan yang tepat,” tutupnya.

Perayaan Khatam  di Masjid Nurul Huda ini merupakan yang ke-6 kalinya dan kali ini yang diikuti 26 santri .

Acara turut dihadiri Anggota DPRD Sumbar Jefri Masrul, Anggota DPRD Tanah Datar Nurzal Chan, Kepala KUA Lintau Buo Utara, Plt Wali Nagari Batu Bulek, Tokoh Masyarakat Batu Bulek dan undangan lainnya. (Z.Z/hms)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!