March 8, 2020

Nagari Singgalang, Tanah Datar Gelar "Silek Camp Festival Montain Singgalang 2020"


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Silek (Silat) merupakan seni beladiri asli Minangkabau yang sudah ada semenjak zaman dahulu dan diwariskan turun temurun. Untuk melestarikan Silek tersebut diselenggarakan acara "Silek Camp Festival Montain Singgalang Tahun 2020" yang digelar di Lapangan Bola Kaki Gantiang Nagari Singgalang Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Pembukaan dilaksanakan  Sabtu, (7/03/2020) kemaren.

Festival dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tanah Datar H.Zuldafri Darma, SH. Dalam acara pembukaan tersebut Wabup Zuldafri Darma menyampaikan bahwa Silek merupakan wadah positif yang harus dilestarikan. Tentu dengan adanya Silek Camp Festival Mountain Singgalang 2020, Pemerintah Daerah sangat  mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut sebagai bentuk pelestarian budaya kita. 

“Di samping pelestarian budaya dan tradisi, Silek Camp Festival juga bisa menjadi wadah positif bagi generasi muda kita untuk terhindar dari kegiatan sosial negatif, seperti narkoba, LGBT, pergaulan bebas dan lainnya,” kata Wakil Bupati Zuldafri Darma saat membuka Festival di Lapangan Bola Kaki Gantiang, Nagari Singgalang, Kecamatan X Koto. 

Ditambahkan  Wabup , ‘’ Dengan adanya festival semacam ini diharapkan tercipta generasi muda yang sehat dan tangguh serta beriman kepada Allah SWT. Karena tradisi Silek mempunyai banyak manfaat, mari kita lestarikan dan dukung kegiatan di Singgalang ini, semoga selanjutnya ada nagari lain di Tanah Datar lakukan kegiatan serupa.” ujar Wabup. 

Dalam acara tersebut juga dilangsungkkan  pemberian gelar kehormatan Pandeka Rajo Nan Sati kepada Kapolres Padang Panjang AKBP. Sugeng Haryadi yang diberikan oleh Tengku Irwansyah Dt. Katumangguangan Pucuak Bulek Alam Minangkabau.

Berkaitan dengan hal tersebut  Wabup Zuldafri menyampaikan selamat kepada Kapolres Padang Panjang AKBP.Sugeng Haryadi serta  menyampaikan apresiasi yang tinggi atas gelar yang telah dipercayakan kepadanya.

“Selamat kepada pak Sugeng Haryadi. Tentunya, setelah pemberian gala (gelar) ini semakin meningkatkan kekerabatan dan kekeluargaan kita, karena dengan sendirinya pak Kapolres sudah menjadi bagian masyarakat Minangkabau, khususnya Nagari Singgalang ini,” tukas Wabup. 


Sementara itu pelaksana kegiatan R. Sutan Panghulu menyampaikan, pelaksanaan Silek Camp Festival dilaksanakan dari 7 sampai 8 Maret 2020 yang rencananya akan diikuti 300 orang. 

“Silek Camp Festival ini baru pertama dilaksanakan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan seni tradisi silek bagi generasi muda kita, khususnya di nagari Singgalang,” ujarnya. 

R.Sutan juga menambahkan ‘’Pelaksanaan kegiatan ini juga diharapkan bisa mempromosikan potensi wisata di nagari Singgalang. Kita mempunyai potensi wisata seperti Batang Aie Duo yang aliran airnya menuju air terjun Lembah Anai, kemudian puncak Sikadunduang yang dinamakan puncak negeri atas awan dan banyak lainnya”. ujar R Sutan Panghulu. 

Sementara itu Kapolres Padang Panjang AKBP. Sugeng Haryadi yang dianugerahi Gala Pandeka Rajo Nan Sati menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. “Saya bersama keluarga merasa tersanjung dan berterima kasih atas gelar yang diberikan, semoga saya bisa emban amanah ini, namun tentunya petunjuk dan bimbingan ninik mamak semua,” katanya. 

Acara  dihadiri oleh  anggota DPRD, Camat X Koto, Wali Nagari, Wali Jorong, ninik mamak dan undangan lainnya.

Diakhir pembukaan festifal   dilakukan Prosesi Mandarahi Galanggang, Mamancang Galanggang oleh tuo Silek Tigo Luak dan Mancak  Galanggang oleh sasaran Silek Harimau Tungga Singgalang. (Z.Z/hms)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!