March 3, 2020

Saluran Irigasi Kecamatan Tanjung Emas Tanah Datar Butuh Perhatian Pemerintah


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Hujan deras yang melanda Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, tepatnya pada 27 Januari 2020 lalu, mengakibatkan sejumlah titik mengalami longsor di Kabupaten tersebut dan mengakibatkan saluran Irigasi yang mengairi ratusan hektare sawah yang tersebar di Kecatamatan Tanjung Emas, terputus akibat longsoran tanah.

Wan Ice (55) salah satu warga masyarakat Nagari Pagaruyung ketika ditanyai fokussumatera.com menyatakan, warga setempat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar agar bisa menyelesaikan persoalan saluran Irigasi yang terputus akibat tanah longsor. Karena akibat longsoran tanah tersebut sawah menjadi kering dan kolam ikan masyarakat juga menjadi dangkal dan terancam gagal panen.

"Hingga saat ini masih belum ada tindakan yang diambil oleh Pemerintah Daerah, bahkan sampai dengan saat sekarang ini sudah lebih dari satu bulan masih belum ada tanda-tanda atau kepastian untuk memperbaiki saluran Irigasi yang terkena longsor tersebut," ujarnya, Senin (2/3).


Warga lainnya Mon Hendri yang akrab disapa Simon Elpiss ketika diminta pendapatnya mengatakan, sangat berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas terkait agar segera mencarikan solusi cepat untuk hal ini. jika hal ini dibiarkan, dikhawatirkan akan berdampak pada perekonomian masyarakat.

"walaupun status saluran Irigasi yang berlokasi di Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar diawasi dan dipelihara oleh petugas Balai Air Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Daerah juga harus bertanggungjawab, karna dampak dan manfaatnya langsung kepada warga masyarakat Kabupaten Tanah Datar," katanya.

Mon Hendri yang kini juga menjabat sebagai Ketua PPWI Cabang Tanah Datar mengungkapkan bahwa dirinya bersawa PPWI Cabang Tanah Datar  berjanji akan menelusuri lebih dalam dan akan menindaklanjuti informasi ini kepada Dinas Terkait yang ada di Kabupaten tersebut. Dengan demikian permasalahan irigasi ini dapat segera menemukan solusi penyelesaian, sehingga manfaatnya segera dapat dirasakan oleh masyarakat. (ppwi-td-Z.Z)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!