Breaking News

March 30, 2020

Tangani Covid-19, Pemkab Tanah Datar Telah Siapkan Dana Rp.7 Milyar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Pemerintah Kabupaten Tanah Datar sudah menyiapkan dana sebesar Rp. 7 Milyar lebih untuk Penanganan Virus Corona (Covid-19). Dana tersebut akan digunakan untuk biaya operasional dalam Penanganan Kasus Covid-19 yang melanda Kabupaten Tanah Datar.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah  (Sekda) Tanah Datar Irwandi usai Rapat Koordinasi  (Rakor) Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tanah Datar bersama  Perangkat Daerah dan lembaga terkait, hari ini Senin, 30 Maret 2020. Rakor digelar   Posko Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanah Datar.


“Pimpinan daerah sudah menyetujui penganggaran awal yang menggunakan Dana BTT (Belanja Tidak Terduga) APBD Tanah Datar sebesar Rp. 7 Milyar lebih yang akan dipergunakan untuk beberapa hal pokok terutama pembelian Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap termasuk masker, biaya operasional posko-posko hingga ke kecamatan dan posko di pintu-pintu masuk, biaya edukasi masyarakat, instentif bagi petugas. Diharapkan satu atau dua hari ini bisa dicairkan,” kata Irwandi.

Lebih lanjut Irwandi sampaikan pemerintah daerah tetap mengacu kepada proses pengadaan barang dan jasa. “Prosesnya tetap melalui pengadaan barang dan jasa, jika sebelumnya di atas Rp.200 juta harus dilelang tetapi sekarang bisa tunjuk langsung, penyedia ini harus tetap juga ditunjuk oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK),” ujarnya.  

Irwandi juga berharap proses ini bisa mendapat pendampingan dari APIP dan penegak hukum sehingga proses yang dilalui tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. 

Sementara dari data posko penanggulangan Covid-19 sampai dengan hai ini  Senin (30/03/2020), tercatat  jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 174 orang,  Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 4   orang, positif 1 orang dan meninggal nihil. 

“PDP berkurang 1 orang karena 1 pasien asal X Koto sudah dinyatakan negatif Corona dan sudah dipindahkan ke ruang rawat biasa,” tulis Roza Mardiah,  Juru Bicara  Protokol Kesehatan Covid-19 melalui pesan singkat. (Z.Z/hms)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!