March 24, 2020

Tanggap Covid 19, Kalaksa BPBD Pasbar Harap Perhatikan Tiga Peta Status

FS.Pasaman Barat(SUMBAR)-Kepala Bagian (Kabag) Protokoler Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Yosmar Difia berharap agar Insan Pers Pasbar menjadi garda terdepan dalam edukasi mitigasi dampak covid 19.

Hal tersebut disampaikannya saat acara jumpa Pers yang dilaksanakan, Senin (23/03/2020) di Ruangan Posko Utama Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease (Covid 19) Padang Tujuh Pasbar. 

Kalaksa BPBD Pasbar, Edi Busti saat acara jumpa Pers yang didampingi oleh Kabid Kedaruratan & Logistik, Decky Harmiko Sahputra, SH mengatakan dalam menangani kasus Covid 19 ada tiga Peta Status yang harus diperhatikan, yakni zona, Biru, Kuning dan Merah. 

Diterangkannya bahwa data mengenai sebaran kasus virus corona di dalam peta tersebut, bertujuan agar masyarakat bisa memantau data jumlah pasien yang dirawat beserta lokasinya. Seperti Pasien positif ditandai dengan warna Merah, pasien dalam pengawasan (PDP) dengan warna Kuning, dan orang dalam pemantauan (ODP) dengan warna Biru.

Jadi Data yang dirilis tersebut diharapkan menjadi parameter untuk pimpinan Jorong, Nagari dan kecamatan hingga sampai ke tingkat Kabupaten, yang selanjutnya kepala daerah dapat melakukan antisipasi dan edukasi secara terukur dan rasional kepada warganya 


"Data ini dapat dijadikan parameter untuk pimpinan dari kejorongan, sampai ketingkat kecamatan, hingga Bupati dapat melakukan antisipasi dan edukasi yang terukur dan rasional," ujar Edi.  .  

Edi, berharap melalui data ini, disilahkan masyarakat untuk proaktif dan saling mengingatkan guna menjaga diri dan mengurangi interaksi sosial sesuai di zona mana, tanpa reaksi sosial berlebihan   

Sementara itu, terkait perkembangan terkini Covid-19 di Pasbar hingga Senin (23/3) belum ada orang dinyatakan positif terpapar.

Dihadapan puluhan Insan Pers Online yang hadir diacara Jumpa Pers tersebut Kalaksa BPBD yang juga sebagai Koordinator Satgas Covid 19 Pasbar, Edi Busti mengatakan, saat ini tindakan cepat yang telah diambil oleh Pemkab Pasbar adalah membentuk Posko gugus tugas dan Posko di tiga titik perbatasan.                  

Selanjutnya dalam waktu dekat menurut Edi mulai tanggal 26 Maret sampai 28 Maret 2020 selama tiga hari pihaknya bersama TNI dan Polri Serta dinas terkait khususnya Dinkes akan melakukan penyemprotan massal di berbagai tempat fasilitas umum (fasum).

"cegah virus corona dengan cuci tangan pakai sabun pada air mengalir " katanya.

Sementara itu, Yosmar Difia Kabag Protokoler, sebagai pembawa acara dalam jumpa pers tersebut sebelum menutup pertemuan tersebut menyampaikan dengan maraknya berita di berbagai media mainstream dan media online akhir - akhir ini hendaknya mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat untuk bersatu bersama pemerintah perang melawan penyebaran virus Covid 19 dan hindari hoaks. Sebab menurutnya inilah langkah bagian dari peran Pers dalam menjalankan fungsi sosial kontrol Pers sesuai UU nomor 40 tentang pers.

Ini saatnya Insan Pers berperan aktif dalam membantu pemerintah fokus pada penanggulangan bencana yang sedang mewabah di hampir belahan dunia ini, " harapnya.(Mukhlis)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!