March 27, 2020

Tanggap Covid-19, Pemnag Sumanik Tanah Datar Keluarkan Surat Edaran


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Wabah Virus Corona semakin meresahkan   masyarakat dunia. Penyebarannya yang begitu cepat  dan mengintai setiap nyawa manusia, membuat masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap wabah penyakit tersebut.

Menyikapi hal tersebut Pemerintah Nagari Sumanik, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar mengambil langkah tegas dengan  mengeluarkan aturan dan Surat Edaran bagi masyarakat Nagari Sumanik. Irama Yandi, S.AP selaku Wali Nagari Sumanik mengeluarkan himbauan No : 140/25/kesehatan/SMK/2020, tentang Pencegahan Corona Virus Disease(covid-19).

Menurut keterangan Irama Yandi, SAP himbauan tersebut dikeluarkan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Virus Corona yang mematikan. Maka Nagari Sumanik, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar mengeluarkan himbauan yang berisi diantaranya :  Kepada Wali Murid untuk tidak membiarkan anak-anak bermain di luar rumah dan tetap membimbing anak-anak untuk belajar di rumah; kepada Kelompok Yasinan dan Salawat untuk menghentikan kegiatan sementara waktu, sampai ada ketentuan berikutnya; bagi perantau dan mahasiswa yang pulang kampung diharap segera melapor ke jorong setempat, agar bisa diperiksa oleh Tim Medis atau Puskesmas terdekat; bagi kegiatan yang berbentuk kelompok seperti Senam Lansia, Tahfis, sementara waktu di hentikan sampai batas waktu yang ditentukan dan masyarakat yang biasa ke luar rumah malam hari dan berkumpul di warung-warung untuk bercerita dan melakukan permainan sementara waktu di hentikan.


‘’Semua ini demi meisolasi diri sendiri agar mata rantai penyebaran virus bisa terputus dan masyarakat Sumanik khususnya bisa sehat,terhindar dari penyakit yang berbahaya ini’’ jelas Irama Yandi kepada fokussumatera.com, Kamis, 26 Maret 2020.

Irama Yandi menambahkan, selain himbauan tersebut Nagari Sumanik juga nenerapkan jam kerja atau jam pelayanan bagi masyarakat yang akan mengurus keperluan surat-menyurat kekantor Wali Nagari Sumanik dimulai  dari Pukul  08.00- 14.00 WIB.

‘’Di depan teras kantor juga sudah disediakan sabun dan air untuk mencuci tangan’’ tambah  Irama Yandi,S.AP .

Terakhir Irama Yandi berpesan agar tetap istiqomah menjaga hubungan baik dengan Sang Maha Pencipta, Allah SWT dengan senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya, menjalankan perintah dan menjauhi larangannya serta memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT.

‘’Tetap optimis, senantiasa beribadah, berdo’a  dan memohon perlindungan dari-Nya, karena hanya Allah SWT sebaik-baiknya Penolong dan sebaik-baiknya tempat berlindung.Yang kita lakukan hari ini adalah ikhtiar, dan usaha. Allah SWT yang punya kuasa atas segala sesuatu’’ pesan Irama Yandi.

Sementara Kepala Jorong Guguak Manih,  Yopi Hendra mengatakan semoga dengan diterapkan himbauan ini , masyarakat mau mematuhi dan menyadari betapa berbahayanya virus Corona ini.

‘’Semua itu dilakukan demi keamanan dan keselamatan kita bersama’’ ujar Yopi.  (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!