March 23, 2020

Tanggap Covid-19, Rektor IAIN Batusangkar Ambil Langkah Tegas


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Merebaknya Virus Corona (Covid-19) yang semakin meresahkan masyarakat, membuat Pemerintah mengambil langkah tegas. Langkah tegas pencegahan yang dilakukan Pemerintah Pusat tersebut didukung oleh seluruh jajaran dan Steakholder yang ada sampai ke tingkat daerah.

Mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran wabah virus Corona  (Covid-19) yang sudah memakan banyak korban jiwa di berbagai penjuru dunia selama sebulan belakangan, termasuk di Indonesia, Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri MA telah mengambil langkah tegas.

Langkah tegas tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah covid-19 khususnya di lingkungan kampus IAIN Batusangkar, Dr.H. Kasmuri, MA kembali mengeluarkan Surat Edaran Nomor: B-739/In.27/R/HM.00/03/2020 Tentang Tindak Lanjut Edaran Rektor IAIN Batusangkar Nomor: B-691/In.27/R/HM.00/03/2020.
Surat Edaran tersebut berisi  Tentang Penanggulangan Serta Pencegahan Penyebaran Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCov) dilingkungan IAIN Batusangkar diperpanjang.


Menurut keterangan Humas IAIN Batusangkar, Doni kepada fokussumatera.com via pesan WhatsApp, Minggu, 23 Maret 2020,  bahwa perpanjangan masa pelaksanaan hal-hal sesuai dengan surat edaran Rektor, tersebut diperpanjang sampai tanggal 03 April 2020, yang sebelumnya sampai tanggal 29 Maret 2020. Dan bahwa seluruh kegiatan akademik dan non akademik yang melibatkan interaksi dengan banyak orang ditiadakan, seperti kegiatan PPL, KKN, Magang, Praktikum, Seminar, Ujian,  dan kegiatan lain yang melibatkan interaksi dengan banyak orang.

Selain itu diberlakukan hari ini kepada seluruh Dosen dan Tenaga Pendidik terhitung tanggal 23 Maret sampai 03 April 2020, Pelaksanaan pekerjaan kantor di Lingkungan IAIN Batusangkar dapat dialihkan menjadi tugas kedinasan dari rumah baik secara keseluruhan atau secara secara bergantian yang diatur pelaksanaannya oleh atasan langsung masing-masing.

Dalam pelayanan administrasi Dekan/ Direktur PPs, Kepala Biro, Ketua Lembaga, Kepala SPI, dan Kepala UPT tetap melakukan pengawasan terhadap pelayanan dan kondisi tempat kerja/ kantor dengan menugaskan minimal satu orang Pejabat setingkat Administrator/ Pengawas/ Kajur/ Kaprodi/ Pelaksana melalui pengaturan jadwal piket kantor pada Unit Kerja masing-masing.

Dalam upaya Memutus dan Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) IAIN Batusangkar juga telah bekerjama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Suka Rela (KSR)  dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten  Tanah Datar untuk Sterilisasi dan Penyemprotan di semua lingkungan Kampus IAIN Batusangkar.

Rektor Kasmuri juga meminta untuk selalu berdoa dan memohon pertolongan kepada Allah SWT agar semua keluarga besar IAIN Batusangkar dan seluruh Masyarkat  terhindar dari segala penyakit yang menular, dan juga patuhi semua himbauan dari pemerintah, eperti melakukan cuci tangan sesering mungkin bermanfaat malakukan aturan bersih yang benar, menghindari menyentuh mata, hidung mulut dengan tangan sebelum mencuci terlebih dahulu, menggunakan masker dan menghindari kontak langsung dengan orang lain, jika mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernafas segeralah berobat supaya menjaga daya tahan tubuh.

Semoga dengan usaha-usaha yang dilakukan Pemerintah dan berbagai pihak, serta dipatuhinya himbauan Peerintah, kita semua terhindar dari bahaya Virus Corona. (Z.Z.Dt Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!