March 19, 2020

Yayasan Kemala Bhayangkari Bersama Polres Tanah Datar Sosialisasikan Gerakan Anti Covid-19


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Semakin merebaknya isu Coronavirus (Covid-19) mendorong Pihak Pemerintah untuk mengambil kebijakan dan tindakan pencegahan terhadap berjangkitnya Covid-19 kepada masyarakat. Berbagai upaya telah dilakukan  melalui sosialisasi dan kegiatan-kegiatan yang menekankan kepada membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Tanggap Covid-19  dan sebagai antisipasi dini terhadap penyebaran virus tersebut, Yayasan Kemala Bhayangkari Cabang Tanah Datar bersama Kepolisian Resort (Polres) Tanah Datar melakukan kegiatan ‘Sosialisasi Gerakan Cuci Tangan dan Gerakan Antisipasi Virus Corona’  yang dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis tanggal 18/19 Maret 2020 di  TK Bhayangkari 13 Batusangkar, Jorong Baringin, Nagari Baringi, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar  dan sekitarnya. Dalam sosialisasi tersebut juga dilakukan  Penyemprotan Disinfektan di lokasi TK Bhayangkari 13 Batusangkar dan sekitarnya. 

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kasubag Humas Polres Tanah Datar via pesan WhatsApp kepada fokussumatera.com, Kegiatan tersebut  dilaksanakan Dalam rangka Cegah dan Tangkal Virus  Covid 19. 

Kegiatan Sosialisasi Virus Covid-19 ini dihadiri oleh: Kapolres Tanah Datar AKBP. Rokhmad Hari Purnomo, SIK, M.Si; Ketua Cabang Kemala Bhayangkari Ny. Anty R. Hari Purnomo;  Kabag Sumda Polres Tanah Datar Kompol Yon Hendri, SH; Pengurus Bhayangkari Cabang Tanah Datar; Personil Polres Tanah Datar;  Dr. Marsualis sebagai Narasumber penyuluhan tentang Virus Corona ( Covid-19); Guru TK Kemala Bhayangkari  dan Wali Murid TK Kemala Bhayangkari Cabang Tanah Datar.

Dalam acara tersebut dilakukan Penyuluhan kesehatan oleh  dr. Marsuarlis sebagai Narasumber dengan materinya sebagai berikut : Virus Corona dapat menyerang manusia dengan kondisi tubuh yang tidak Fit atau memiliki daya tahan tubuh yang kurang,Tanda/gejala terjangkit Virus Corona yaitu Batuk, demam dengan suhu tubuh yang tinggi, sesak Napas dan apabila semakin parah akan dapat mengakibatkan kematian.


Lebih lanjut dr. Marsuarlis menyampaikan cara menghindari supaya tidak terjangkit Virus Corona yaitu dengan hidup yang bersih / sehat, seperti sering mencuci tangan, membersihkan lingkungan dan makan yang teratur dengan cukup Gizi, Cuci tangan setelah melakukan kegiatan yang akan mengotori tangan dengan 6 langkah yang sudah diketahui dan Jika ada yang batuk pilek gunakanlah Masker, dan berobatlah ke Dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Sebelumnya Kapolres Tanah Datar AKBP. Rokhmad Hari Purnomo, SIK, M.Si dalam sambutannya juga menyampaikan pesan agar selalu menjaga kebersihan, Sering mencuci tangan untuk menghindari terjangkitnya penyakit khususnya Virus Covid-19 dan selalu berolah Raga agar badan selalu Fit.

Setelah kegiatan Sosialisasi tentang Virus Corona ( Covid-19) oleh Dr. Marsualis dilanjutkan dengan Penyemprotan Disinfektan yang di saksikan oleh Kapolres Tanah Datar dan Ketua Bhayangkari Cabang Tanah Datar berserta Anggota Bhayangkari di seputaran Bangunan Taman Kanak-Kanak (TK) Kemala Bhayangkari 13 Batusangkar. Penyemprotan Disinfektan dilanjutkan di lokasi Polres Tanah Datar, di dalam ruangan dan di lingkungan luar Kantor .

Dan pada hari kedua Kamis , 19 Maret 2020, juga telah dilaksanakan giat oleh Kapolsek Lintau Buo Utara Ipda Sudirman, S.H, yaitu berupa : Penyerahan Hand Sanitizer dan Hand Script oleh Puskesmas Lintau Buo Utara I yang diserahkan oleh dr. Sri Nurul Huda bersama dr. Yogi Fernando.

Penyemprotan Disinfektan di pimpin oleh Kapolsek dan di ikuti seluruh personel Polsek Lintau Buo Utara, di Sekolah Luar Biasa (SLB) Yayasan Kemala Bhayangkari Nagari Lubuk Jantan yang meliputi, seluruh ruangan, kelas, mushollah dan lingkungan seputaran SLB guna cegah dini Virus Corona.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan  Penyerahan 1 (satu) buah Hand Sanitizer dan 1 (satu) kotak Hand Scrup dari Bhayangkari Ranting Lintau Buo Utara kepada perwakilan Majelis Guru SLB serta juga penyemprotan Disinfektan di Mapolsek LBU meliputi ruangan, rutan/sel, mushollah, penjagaan dan lingkungan seputaran asrama serta mako Polsek LBU.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mencegah penyebaran Virus Corona yang sangat meresahkan masyarakat.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!