Breaking News

April 9, 2020

1.000 Masker Non Medis Dibagikan Gratis kepada Pedagang dan Pengunjung Pasar Batusangkar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Upaya Penaganan Covid-19 terus berlanjut. Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar  melalui Dinas Koperindag membagikan Masker Gratis, Kamis, 09 April 2020. Sebanyak 1.000 masker non medis secara gratis dibagikan kepada pedagang dan pengunjung pasar Batusangkar.

Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma turun langsung ke lapangan dengan didampingi oleh Sekretaris Dinas Koperindag Darfizal beserta jajarannya.

Berdasarkan informasi dari humas Tanah Datar , masker non medis ini merupakan karya siswa dan alumni UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Batusangkar Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  dan Tenaga Kerja (PMPTSP Naker)  yang diserahkan kepada Gugus Tugas Covid-19 Tanah Datar.

Seusai membagikan masker Wabup H. Zuldafri Darma mengatakan bahwa pemberian masker kepada para pedagang dan pengunjung pasar Batusangkar ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid 19 di Kabupaten Tanah Datar.

“Diakui jumlah belum banyak dan belum menyasar seluruh tempat tetapi ini bentuk edukasi kepada masyarakat agar memakai penutup hidung dan mulut, masker ini pun bisa dibuat secara mandiri bahkan bisa menggunakan sapu tangan atau handuk kecil,” sebut Zuldafri.

"Kita berharap para pedagang dan pengunjung selalu menggunakan masker dalam setiap aktivitas mereka, sehingga setidaknya ini bisa menghambat penyebaran Covid-19. Kita juga meminta terutama kepada para pedagang makanan selain menggunakan masker juga menggunakan sarung tangan, ini dimaksudkan untuk menjaga sterilisasi makanan yang dijual," ujar Wabup.

Wabup juga menghimbau kepada anak-anak sekolah yang sekarang sedang diliburkan untuk tetep berada di rumah saja.

"Jangan keluar rumah apabila tidak ada kebutuhan yang sangat mendesak, dan kalau memang harus keluar rumah gunakan masker dan usahakan terus menjaga jarak aman dengan orang lain (social distancing)," tambah Zuldafri.

Kepada pemilik dan pengusaha warung internet (warnet) juga diminta untuk sementara waktu mengikuti himbauan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk menghentikan operasionalnya.

Dalam upaya dan usaha memutus rantai penyebaran Covid 19 di Kabupaten Tanah Datar Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar juga telah mendirikan posko-posko di perbatasan.

Menurut Wabup Zuldafri Darma tugas utama di posko perbatasan ini adalah melakukan pendataan yang terkait riwayat perjalanan, dan riwayat kesehatan masyarakat yang akan datang ke Tanah Datar.

"Data ini nantinya yang akan kita gunakan untuk melakukan pemetaan terhadap baik itu notifikasi, OPD, maupun PDP di Kabupaten Tanah Datar," terang Zuldafri.

"Alhamdulillah, saat ini di Kabupaten Tanah Datar telah terjadi penurunan ODP,  1 kasus positif covid-19 sudah tidak ada lagi begitu juga PDP, yang ada tinggal ODP dan notifikasi. Untuk ODP secara bergiliran dilakukan test swab di RSUD MA Hanafiah SM Batusangkar. Kita berharap Kabupaten Tanah Datar terbebas dari wabah Covid-19 yang sangat membahayakan ini, untuk itu kita menghimbau kepada seluruh unsur masyarakat untuk bisa saling bekerjasama dalam memutus rantai penyebaran Covid 19 ini," tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Dinas Koperindag Darfizal. Dafrizal menambahkan dalam upaya ini dihimbau kepada seluruh masyarakat agar menggunakan masker saat berada diluar rumah dan kepada para pedagang juga dihimbau selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Sementara data terbaru dari posko per 13.00 WIB hari Kamis, 09 April 2020, jumlah OPD Tanah Datar tercatat  141 orang, PDP nihil, 1 kasus positif Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh serta meninggal nihil. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!