April 29, 2020

Antisipasi Prediksi Peningkatan Kasus Covid-19, Bulan Mei Mendatang Pemko Sawahlunto Perketat Posko Perbatasan


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Gugus Tugas Covid-19 Kota Sawahlunto dibawah Pimpinan Walikota Deri  Asta, SH terus berusaha mengupayakan Percepatan Penanganan Covid-19  demi keselamatan dan keamanan masyarakat. Mereka bekerja tak kenal  lelah, tak kenal waktu, pantang mundur menjalankan tugas mulia yang mengemban misi kemanusiaan ini. 

Seperti yang selalu dilakukan oleh Walikota Deri Asta dan Wakilnya Zohirin Sayuti yang tak kenal lelah terus melakukan pemantauan terjun langsung ke lapangan memberikan himbauan kepada masyarakat agar terhindar dari Virus Corona.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto Yasril kepada fokussumatera.com, Rabu,29 April 2020, langkah kegiatan yang  dilakukan Gugus Tugas Covid-19 Kota Sawahlunto dalam Rangka Pencegahan dan Penangulangan Covid 19 antara lain : Memperketat Fungsi  Posko Perbatasan ; Tersedianya tempat/ kuburan khusus Covid-19,  InsyaAllah  telah ada lahan seluas  1 Ha; Pembentukan Tim Penyelenggaraan dan Penguburan Jenazah  Covid- 19;  Meningkatan pemantauan terhada  ODP,  InsyaAllah Minggu depan semua ODP di  Pcr Swab, hari ini 3 orang petugas  laboratorium Puskesmas sedang  mengikuti Pelatihan di padang tentang Teknis Pengambilan Sampel  Swab serta PPT/Notifikasi yang ada di karantina dipertimbangkan untuk di lakukan Rapit test. 

‘’Hal diatas perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi prediksi terjadinya peningkatan kasus Covid- 19 pada pertengahan bulan Mei 2020  ini. Hal ini tentu kita berusaha dan berdoa agar dapat mempertahankan Zona Hijau (Zerro Konfirmasi Positif) di Kota Sawahlunto’’ jelas Yasril.

‘’Berdasarkan Rapat Evaluasi Posko Jumat, 24 April 2020 lalu  yang dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Posko, salah satu yang dievaluasi adalah piket Tenaga Medis di Posko dimana setelah  kurang lebih   1 bual  dirasa kurang efektif karena untuk tugas-tugas medis dapat dilakukan oleh Puskesmas,  Karantina  dan Rumah sakit. Mereka lebih dibutuhkan di Fasyankes tersebut, oleh karna itu mulai hari Sabt,  25 April 2020 mereka dikembalikan ke Puskesmas dan Dinkes.  Posko Covid 19, konsentrasi  ke Fungsinya sebagai Pos Komando, yaitu masalah Data, Informasi, Pencatatan dan Pelaporan’’ tambah Yasril.

Kita berharap masyarakat mematuhi himbauan, Instruksi aturan-aturan  pemerintah terutama tentang  PSBB dan sering mencuci tangan dengan menggunakan  sabun pada air mengalir, Phisical Distancing, pertinggi daya tahan tubuh, bila perlu sekali  ke luar rumah wajib memakai masker . 
kita berharap Insya Allah bulan Juni  2020 kita bisa hidup normal kembali seperti biasa.  (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!