Breaking News

April 24, 2020

Pemkab Tanah Datar Bentuk 3 Tim Penguburan Jenazah Protokoler Covid-19


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Mengantisipasi polemik proses pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui  Gugus Tugas Penanganan Covid-19  membentuk 3 Tim Penguburan Jenazah Protokoler Covid-19

Berdasarkan informasi Humas Pmda Tanah Datar, hal tersebut dibahas dalam Rapat Koodinasi Gugus Tugas Covid-19   bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tanah Datar,  Kemenag Tanah Datar serta Perwakilan Forum Komunikasi Camat di posko Gugus Tugas, Kamis (23/04) kemaren.

Rapat dipimpin Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Nuryeddisman didampingi Kadis Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis dan Ketua MUI DR. Syukri Iska.

Dalam Rakor tersebut, Jubir Covid-19 Roza Mardiah menyampaikan rapat tersebut digelar  untuk mengevaluasi dan menyamakan persepsi perlakuan jenazah dengan protokol Covid-19.

Dijelaskan Roza, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia penyelenggaraannya sesuai dengan pedoman yang sudah ditentukan (protokol kesehatan) yaitu di rumah sakit dimandikan, dikafani dan dishalatkan kemudian dibawa ke pemakaman.

“Untuk itu sudah disiapkan 3 tim dari PMI Tanah Datar, masing-masing terdiri dari  6 orang dan tentunya nanti dilengkapi APD lengkap saat bertugas. Untuk penyelenggaraan pemakaman jenazah disarankan terlebih dahulu kepada pihak keluarga, jika tidak sanggup tim  kabupaten siap membantu,” sampai Roza.

Ditambahkannya, “Kita mendengar terjadi diskriminasi, ada penolakan-penolakan di masyarakat siapa yang akan menguburkan jenazah,  dirapatkan terlebih dahulu sehingga masih butuh waktu, untuk itu ke depan tidak terjadi lagi, penguburan bisa berjalan dengan  baik,” harap Roza.

Roza juga di kesempatan itu menginformasikan satu pasien positif Corona yang sedang menjalani isolasi di rumah dalam kondisi baik.

“Pasien positif asal Lima Kaum yang menjalani isolasi di rumah dalam kondisi baik. Baru saja menjalani test swab yang ke dua, hasilnya masih kita tunggu,” terangnya lagi.

Disebutkan yang bersangkutan menjalani 4 kali test swab hingga hari ke 21 nanti.

Sementara dari data Posko sampai dengan, Kamis 23 April 2020  Roza menyampaikan jumlah ODP 41 orang, , PDP 1 orang, Positif 2 orang (1 orang isolasi mandiri di rumah, 1 orang sudah sembuh), meninggal nihil dan notifikasi  2.601 orang. (Z.Z/F)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!