April 4, 2020

Tugu Photocopy Lambang Nagari Atar, Tanah Datar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Nagari Atar,  Kecamatan Padang Ganting,  Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat merupakan salah satu dari 75 Nagari di Kabupaten Tanah Datar. Sebagian wilayah Nagari Atar berbatasan dengan wilayah Kabupaten tetangga yaitu Wilayah Kota Sawahlunto. Nagari Atar dibelah oleh Jalan Propinsi menuju Kabupaten  Sijunjung.

Secara geografis keadaan alam Nagari Atar merupakan perbukitan. Kondisi tersebut yang membuat masyarakat Atar yang tinggal di kampung umumnya bermata pencarian bertani  dan berkebun. Berbagai hasil perkebunan cukup banyak dihasilkan dari nagari Atar ini, seperti Karet, Pinang, Coklat, Kelapa dan masih banyak hasil perkebunan lainnya.

Namun tak sedikit warga Nagari Atar yang merantau ke luar daerah Sumatera Barat, dan rata-rata warga perantau Nagari Atar ini suskses dalam mengembangkan usaha Photocopy yang sampai saat ini terkenal warga Atar sebagai Pengusaha Photocopi. Usaha Photocopy tersebut telah berhasil mengantarkan warga Nagari Atar menuju kesuksesan. Dan untuk mengabadikan sejarah tersebut di Nagari Atar di bangun Tugu Photocopy. Unik Memang, Tugu ini benar-benar berbentuk Mesin Photocopy.

Menurut keterangan Wali Nagari Atar, Halyu Pardi, masyarakat di Nagari Atar banyak yang merantau dan jika dikalkulasikan mungkin lebih banyak masyarakat Atar yang merantau dari pada yang tinggal di kampung halaman.

Tugu Photocopy Nagari Atar

‘’Masyarakat Atar yang merantau mempunyai ciri khas dalam berusaha, itu bedanya dengan Perantau Nagari lain, yaitu setiap masyarakat Atar yang merantau selalu bergelut di bidang usaha Photocopy, kalau sudah berkembang pasti tambahan usaha tak jauh-jauh dari usaha Photocopy. Sebagai penambah penunjang usaha, para pengusaha Photocopy Atar melengkapi dengan berbagai macam buku dan Peralatan Kantor, sehingga masyarakat Nagari Atar terkenal dengan Pengusaha di bidang Photocopy. Dan usaha ini telah banyak mengantar kesuksesan bagi perantau Atar,’’ ujar Halyu Pardi, kepada fokussumatera.com, Jum’at, 03 April 2020.

Sedangkan Sekretaris Nagari Atar, Aswir membenarkan semua keterangan Wali Nagari. 

‘’Makanya di Nagari Atar terdapat sebuah Tugu Photocopy sebagai lambang usaha masyarakat Nagari Atar di seluruh Nusantara’’ tambah Aswir sembari  sibuk menerima masyarakat yang mengantarkan foto copy KK di kantor Pemerintahan Nagari Atar untuk didata supaya bisa mendapatkan bantuan dampak Penyebaran Virus Covid-19 dari Dinas Sosial.

Ini dia Fakta dari Tugu Photocopy (Dikutip dari detikTravel) :                                         
Yang Pertama Berada di Sumatera Barat.
Tugu Photocopy berada di Jorong Lareh Nan Panjang, Nagari Atar, Kecamatan Padang Gantiang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Bila diukur jaraknya dari Kota Padang sekitar 127 km atau 3 jam perjalanan dengan mobil.


Yang Kedua Puncak Tugu Mirip Mesin Fotocopy.
Sesuai dengan namanya, puncak tugunya ini berbentuk mesin fotocopy. Sengaja dibuat seperti mesin fotocpy sebagai lambang dan ciri khas dari kehidupan penduduk di Desa Atar tersebut.

Yang Ketiga Lebih dari Setengah Penduduk Desa Atar berusaha di Bidang Fotocopy. Pembangunan Tugu Photocopy bukannya tanpa ada tujuan. Konon tugu ini lambang kesuksesan warga Desa Atar yang berada di perantauan. Mereka rata-rata usaha di bidang fotocopy.Para perantau dari Atar pun tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Namun yang paling banyak ada di Bandung. Mereka semua tergabung dalam ikatan  IWATAR (Ikatan Warga Atar).Karena para perantau Atar telah sukses berkecimpung di usaha photocopy, mereka pun berinisiatif untuk membangun sebuah tugu yang unik. Karena mereka usaha di photocopy, maka dibangunlah Tugu Photocopy.

Yang Keempat Tugu Photocopy adalah  Ciri Khas Nagari Atar.
Karena lebih dari separuh warga Desa Atar merantau dan membuka usaha fotocpy, tugu ini pun menjadi identitas dan penanda desa. Bila traveler jalan-jalan ke Batusangkar, bila ke Desa Atar tugu inilah penandanya.

Tugu Photocopy Telah Ada Semenjak  Tahun 2012.
Walau baru viral sekarang, bukan berarti tugu ini baru dibangun ya. Tugu Photocopy telah ada semenjak tahun 2012. Tugu Photocopy setinggi sekitar 5-6 meter ini berdiri tepat di samping Kantor Wali Nagari Atar. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!