May 4, 2020

Kasus Positif Covid-19 Tanah Datar Bertambah 2 Orang Lagi


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Kasus positif Covid-19  di Tanah Datar, Sumatera Barat bertambah 2 orang, sehingga hingga Minggu, (03/05) kemaren  data di Posko menjadi   6 orang positif, 1 orang sudah dinyatakan sembuh, kasus meninggal Covid-19 nihil, ODP 21 orang, PDP 2 orang dan notifikasi 2.449 orang. 

Berdasarkan informasi Humas Pemda Tanah Datar, Dua orang warga Kabupaten Tanah Datar ini berasal dari nagari Panyalaian Kecamatan X Koto masing-masing inisial Ny. E (65 tahun) dan Z (1 tahun), adalah orang tua perempuan dan keponakan dari pasien positif covid-19 NS, telah dinyatakan positif terpapar covid-19 berdasarkan hasil tes yang dikeluarkan oleh laboratorium mikro biologi fakultas kedokteran Unand Padang.

Jubir Penanganan Covid-19 Roza Mardiah saat dimintai keterangan di posko gugus tugas, Minggu (03/05) menjelaskan setelah mendapatkan informasi ini terkait bertambahnya dua orang warga Tanah Datar positif Covid-19, tim gugus tugas Kabupaten Tanah Datar langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan tracking terhadap kontak erat dengan dua warga yang baru dinyatakan positif Covid-19, kontak erat yang dimaksudkan adalah sejak tanggal 26 April kemarin sampai hari ini.

Sementara kapada dua warga yang positif hari ini juga dilakukan pemeriksaan fisik di RSUD Prof. Dr. MA Hanafiah SM Batusangkar. Hal ini dimaksudkan apabila kondisi kesehatannya tidak bagus maka akan langsung dilakukan isolasi di rumah sakit, sementara kalau kondisi fisiknya bagus akan dikarantina di pusat karantina Provinsi Sumatera Barat.

Roza juga mengharapkan kepada masyarakat yang merasa dirinya ada kontak erat dengan 2 orang yang positif Covid 19 sejak tanggal 26 April kemarin diharapkan untuk segera melaporkan dirinya kepada petugas, hal ini dimaksudkan agar bisa segera dilakukan tes dan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kepada masyarakat yang merasa ada kontak erat kami harap langsung melapor ke petugas puskesmas setempat, kondisi sperti ini perlu kerjasama dan kesadaran bersama, jangan hanya  menunggu petugas yang datang melakukan tracking. Saat ini kita juga mengharapkan agar masyarakat untuk sementara berada di rumah, jangan keluar rumah dulu serta jangan berkumpul-kumpul dulu, hindari kontak langsung dengan orang lain dengan terus menjaga jarak aman. Namun, seandainya terpaksa harus keluar rumah juga wajib menggunakan masker serta sering-sering mencuci tangan," pesannya. 

Sementara Sekda Irwandi terkait dengan penambahan dua orang positif covid 19 di Kabupaten Tanah Datar menjelaskan bahwa pada hari ini juga pihaknya melakukan rapat terbatas bersama camat dan wali nagari se-kecamatan X Koto guna melakukan langkah-langkah dan tindakan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Selain kita kumpulkan seluruh wali nagari dan camat, kita juga akan memperketat pengawasan terhadap aktivitas masyarakat terutama di nagari Panyalaian tempat tinggal warga kita yang telah positif covid-19. Kita juga minta kesadaran masyarakat kita bahwa saat lebih baik berada di rumah saja, kalau terpaksa harus keluar rumah gunakanlah masker," tambahnya.

Namun demikian Pemerintah Daerah mengharapkan agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik, namun tetap waspada dan mematuhi himbauan Pemerintah dengan tetap berada di rumah, menjaga Physical Distancing dan Social Distancing dan tetap menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat. (PHBS). (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!