Breaking News

Connect With us

June 2, 2020

Gelar Vidcon, Pemdes Sikalang, Sawahlunto Nyatakan ‘’Desa Bebas Covid-19 Tahun 2020’’


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Pemerintah Desa Sikalang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto menggelar Vidio Converence  (Vidcon), yang digelar di Posko Gugus Tugas Covid-19 Desa Sikalang.

Dalam Vidcon tersebut Kepala Desa Sikalang Nerwin Dauly menyampaikan atas nama Pemerintah Desa dan seluruh masyarakat Desa Sikalang menyatakan sikap ‘’Desa Sikalang Dinyatakan Bebas Covid-19 tahun 2020’’.Pernyataan tersebut berdasarkan hasil Test Swab yang dilaksanakan secara masal oleh Pemerintah Kota Sawahlunto.

Edi Nerwin Dauly  mengatakan ’’Mulai hari ini pertanggal 23 Mei 2020 pukul 22.00 WIB telah diumumkan hasil test Swab yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Sawahlunto yang dilaksanakan secara masal bahwa Kota Sawahlunto terindikasi ada 2 orang warganya yang terindikasi positif  Covid- 19, salah satunya merupakan warga Desa Sikalang. Sejak itu kita melaksanakan langsung yang bersangkutan diisolasi mandiri di BDTBT di Sungai Durian diikuti 15 warga yang kontak erat dengan kansaver selama beberapa hari kebelakang ikut di isolasi mandiri di Sungai Durian’’.

Namaun keesokan harinya warga tersebut dikembalikan ke Desa Sikalang dan Pemerintah Desa melaksanakan isolasi mandiri di gedung TPA  Desa Sikalang.

Langkah selanjutnya jelas Edi, sejak tanggal  23 tersebut warga Desa Sikalang yang berada di dalam tidak diperbolehkan keluar  Desa dan yang berada di luar Desa tidak diperkenankan masuk ke Desa Sikalang.

‘’Termasuk tamu-tamu mulai tanggal 23 sampai tanggal 29 Mei seluruh aktivitas warga yang ke luar masuk sudah distop sambil menunggu pelaksanaan Test Swab masal yang dilaksanakan  pada tanggal 26-27 Mei 2020’’ tambahnya.

‘’Tes Swab masal tersebut diikuti oleh seluruh  warga masyarakat yang kita anggap terpapar dengan warga yang diduga positif Covid-19 tadi ditambah PKK, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama  Karang Taruna, Perangkat dan seluruh Pengurus Lembaga yang ada di Desa Sikalang ini.Jadi sudah lengkap kita test Swab semuanya’’ jelasnya.
Lebih lanjut Edi Nerwin Dauly menjelaskan bahwa pada tanggal 30 Mei 2020 hasil tes Swab masal tersebut dikeluarkan oleh Laboratorium Unand Padang dengan hasil  seluruhnya Negatif.Terkhusus untuk keluarga yang dinyatakan terpapar Covid-19 telah dilaksanakan Tes Swab 2 kali. ‘’ Keluarga dan yang diduga tadi terpapar Covid-19 telah dilaksanakan Tes Swab 2 kali yaitu pada tanggal 25 dinyatakan negatif dan tanggal 26 juga negatif. Berarti belau telah tiga kali test Swab, yang pertama Positif, yang kedua negatif dan yang ketiga negatif. Dan nanti untuk hasil yang sempurna mungkin nanti pada Hari Rabu akan diadakan tes Swab yang keempat untuk yang diduga tadi, Alhamdulillah dari bayangannya kita yakin seratus persen negatif juga. Jadi mudah-mudahan hal ini perlu kita sampaikan kepada seluruh masyarakat Desa Sikalang, kita berhak mengklaim bahwa Desa Sikalang memang betul-betul bebas dari Covid-19’’ tegasnya.

Selanjutnya dalam menghadapi ‘’New Normal’’ Edi menyampaikan dan menghimbau kepada masyarakat agar melaksanakan protokol kesehatan. ‘’Keluar rumah tetap pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, hindari dari pada kerumunan’’ himbaunya.

‘’Marilah kita sama-sama berdo’a agar Desa kita ini selalu dipertahankan agar tidak ada yang terpapar Covid-19. Begitu juga dengan Desa-Desa lain yang ada di Sawahlunto, Kota dan juga Provinsi, Indonesia serta masyarakat  dunia bisa mengikuti jejak daripada Desa kita ini terbebas dari penyebaran Virus Covid-19’’ harapnya diakhir Vidcon.

Turut mendampingi Kepala Desa Edi Nerwin Dauly diantaranya Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua LPM, Ketua BPD, Bidan Desa, Ketua PKK, Karang Taruna serta Tokoh Masyarakat Desa Sikalang lainnya. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!