Breaking News

Connect With us

June 12, 2020

Wagub Sumbar Targetkan Pembangunan Jalan Abai Sangir - Sungai Dareh Rampung Dalam Dua Tahun


FS.Padang(SUMBAR)-Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menargetkan, pembangunan lanjutan jalan Abai Sangir – Sungai Dareh yang menghubungkan Kabupaten Solok Selatan dengan Kabupaten Dharmasraya, rampung dalam Dua tahun kedepan. 

Menurut Nasrul Abit, pembanguan ruas jalan Abai Sangir - Sungai Dareh yang memiliki total Panjang lintasan 44,10 kilometer ini, juga merupakan salah satu prioritas Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam sektor pembangunan infrastruktur. 

Apalagi mengingat diwilayah ini, terdapat urat nadi perekonomian. Sektor pertanian sawit dan karet kata Nasrul Abit, tumbuh kembang disepanjang lintasan rute ini. Sehingga, mau tidak mau akses jalan diwilayah ini harus segera dituntaskan, sehingga roda perekonomian dapat berjalan dan berkembang dengan lancar.

Selain jalan kata Nasrul Abit, terdapat Lima jembatan disepanjang lintasan ini yang juga harus segera diperbaiki. Kelima jembatan tersebut yakni, jembatan Batang Sitapus yang memiliki Panjang 16 meter, jembatan Batang Jujuan 40 meter, jembatan Ujung Tongah 30,20 meter, jembatan Galonggang 14 meter dan, jembatan Batang Palo dengan Panjang 25 meter.

“Baik jalan penghubung antara Solok Selatan dan Dharmasraya ini, maupun kelima jembatan, harus segera diselesaikan. Kita targetkan rampung dalam Dua tahun ini. Rute ini, memiliki peran membangkitkan urat nadi perekonomian warga. Disini ada lahan pertanian sawit dan karet. Juga ada masyarakat transmigrasi dari Jawa Tengah yang tinggal disini. Juga ada sekolah. Kita akan upayakan pembangunannya selesai dalam waktu dekat. Sekarang sudah selesai proses pengerasan. Kita ingin seluruh wilayah di Sumbar ini, terkoneksi. Alhamdulillah, itu, sudah terwujud,”kata Nasrul Abit, Jumat 12 Juni 2020.

Nasrul Abit menjelaskan, pembangunan rute Abai Sangir - Sungai Dareh ini, terwujud berkat adanya bantuan dari Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Kemaritiman). Pemerintah Sumbar ujar Nasrul, berterima kasih atas adanya support dari Pemerintah Pusat ini. Kita berharap, Kemenko Kemaritiman, kembali mensuport lanjutan dari pembangunan jalan ini, sehingga benar-benar layak digunakan.


“Kita sudah lihat, sudah ada pengerasan. Ini terwujud atas bantuaan dari Kemenko Kemaritiman. Kita terima kasih kepada bapak Menko Kemaritiman dan Kementrian PUPR. Mudah-mudahan, ini bisa diteruskan kembali.  Jalan yang jelek masih ada 32 kilometer lagi, juga masih ada jembatan yang perlu diperbaiki. Mudah-mudahan, kedapan program ini bisa dilanjutkan. Supaya, akses penghubung antara Dharmasraya dengan Solok Selatan ini, benar-benar lancar karena jalur ini juga merupakan urat nadi perekonomian masyarakat,” ujar Nasrul Abit. 

Lebih lanjut Nasrul Abit, berdasarkan peninjauan pada Kamis kemarin, arus listrik dikawasan ini sudah ada. Tinggal lagi, jaringan komunikasi yang belum. Untuk itu, nanti kita akan dorong Dinas Kominfo untuk menindak lanjuti soal jaringan komunikasi ini. Termasuk juga akses internet. Karena, disini ada beberapa sekolah yeng tentu saja membutuhkan akses internet.

“Instalasi listrik sudah masuk. Tinggal soal jaringan internet. Karena masih ada titik yang blank spot. Ini, perlu Kominfo dibantu agar jaringan bisa masuk. Apalagi disini ada beberapa sekolah yang membutuhkan internet dan lainnya,”kata Nasrul Abit.

Mantan Bupati Pesisir Selatan itu menegaskan, saat ini di Kabupaten Solok Selatan, dari segi akses jalan, sudah menembus Tiga Nagari (masih dalam tahap pemabngunan). Salah satunya yakni Nagari Lubuk Ulang Aling. Ketiga Nagari ini, sebelumnya sangat terisolir. Mudah-mudahan, dalam waktu dekat, akses jalan menuju Tiga Nagari ini benar-benar selesai, sehingga roda perekonomian berjalan dan tumbuh dengan pesat.

“Jalan sudah menembus tiga Nagari. salah satunya Nagari Lubuk Ulang Aling. Nagari ini, sangat tertinggal sekali. Mudahan dengan hasil kunjungan kemarin, ada percepatan, sehinga roda perekonomian berjalan,”kata Nasrul Abit.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Solok Selatan Abdul Rahman menyampaikan terima kasih atas suport dari Pemerintah Provinsi yang menjadikan pembanguanan ruas jalan Abai Sangir - Sungai Dareh ini, salah satu prioritas di sektor pembangunan infrastruktur.
Menurut Abdul, selain bisa melancarkan pergerakan ekonomi di segi pertanian, ruas jalan ini juga bermanfaat untuk kelancaran akses transportasi menuju dan dari Solok Selatan ke Dharmasraya. Waktu tempuh pun menjadi lebih singkat.

Selain itu kata Abdul Rahman, pasca kunjungan Nasrul Abit beberapa tahun lalu, membuahkanprogres yang cukup baik. Salah satunya yakni, dengan sudah masuknya aliran listrik diwilayah tersebut.

“Ada progresnya. Listrik sudah ada,”tutup Abdul Rahman. (*/hms Setda Sumbar)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!