Breaking News

June 25, 2020

Wujudkan Nagari Berbasis IT, IPDN Kampus Sumbar Gandeng Pemkab Tanah Datar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Direktur Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat Tun Huseno mengutarakan kepada Sekretaris Daerah Tanah Datar Irwandi,  bahwa  IPDN Kampus Sumbar bakal menggandeng Pemerintah Kabupaten Tanah Datar untuk mewujudkan Nagari berbasis Informasi dan Teknologi (IT) dalam pengelolaan Pemerintahannya. 

Menurut keterangan Humas Tanah Datar, hal tersebut disampaikannya di ruang kerja Sekda, Rabu (24/6/20) kemaren. 

Menanggapi rencana tersebut, Sekda Irwandi mengapresiasi program yang dicanangkan pihak IPDN Kampus Sumbar itu, “Terima kasih atas kepercayaan pihak IPDN Kampus Sumbar karena telah memilih Tanah Datar sebagai Pilot Project Penerapan IT di Tingkat Nagari, tentu nantinya akan dipelajari secara teknis untuk kelanjutannya,” ujar Irwandi.

Kembali ke pembahasannya, program itu melibatkan Praja IPDN Kampus Sumbar Program Studi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan (TRIP) di salah satu Nagari di Tanah Datar yang akan menerapkan Model Pengelolaan Pemerintah berbasis IT.

“Kita pilih Tanah Datar salah satunya yaitu ikon Sumatera Barat, kita punya mimpi mewujudkan Smart Nagari untuk dapat ditiru daerah lainnya. Kita berharap Pemerintah Tanah Datar menyambutnya dengan tangan terbuka,” ujar Direktur Tun Huseno.

Seakan gayung bersambut, Pemerintah Tanah Datar mempunyai program Smart City, melalui Diskominfo daerah dikenal Luhak Nan Tuo ini bertekad pelayananan masyarakat bisa diakses di mana dan kapan saja memanfaatkan teknologi saat ini.

“Pemerintah Tanah Datar menerapkan beberapa pelayanan berbasis IT, dengan program dicanangkan pihak IPDN Sumbar, tentu bisa dikolaborasi dengan apa yang sudah terlaksana,” ujar Kadis Diskominfo Tanah Datar Abrar.

Pembicaraan awal terkait pelaksanaannya akan dilanjutkan lebih mengerucut sebelum disahkan penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MOU) antara pihak IPDN Kampus Sumbar dan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Hadir saat itu Wakil Direktur III IPDN Kampus Sumbar Decky Dwi Utomo, Kasubag Kerjasama Anhal Mulya, Kepala Dinas PMDPPKB Tanah Datar Nofenril dan Kabag POD Setda Tanah Datar Herison. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!