Breaking News

July 8, 2020

Di Masa New Normal, Kasus Positif Covid-19 Di Tanah Datar Kembali Mencuat


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Setelah cukup lama tidak ada penambahan kasus positif Covid-19 di Tanah Datar, tercatat kasus konfirmasi positif terakhir tanggal 27 Mei yang lalu. Namun di masa Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19  (TNBPAC) ini, kasus Positif Covid-19 Tanah Datar kembali mencuat ke permukaan. 

Berdasarkan informasi Humas Tanah Datar, Selasa, 07 Juli 2020, beberapa hari yang lalu tepatnya  Kamis, (02/07/2020) ada penambahan pasien sebanyak  3 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Benar pagi ini, Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand menyampaikan 3 warga Tanah Datar terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga sudah total 14 orang terkonfirmasi positif, 9 orang sembuh dan 1 orang meninggal, 1 orang dirawat di rumah sakit rujukan dan 3 orang isolasi mandiri” ujar Roza saat ditemui di ruang kerjanya.

Dijelaskan ketiganya berasal dari satu keluarga yang berdomisili di Lubuak Bauak Kecamatan Batipuh yakni Pr (31 tahun), Lk (67 tahun) dan Pr (64 tahun).

“Ketiganya dalam kondisi stabil atau Orang Tanpa Gejala (OTG) dan menjalani isolasi mandiri. Untuk mencegah penyebarannya, pihak kita sedang melakukan tracing terhadap kontak erat pasien terkonfirmasi positif” jelas Roza.

Dari kasus terkonfirmasi sebelumnya beberapa waktu lalu, sampai Roza, diperoleh hasil tracing sebanyak 127 orang untuk dites yang dimulai Kamis minggu kemaren hingga Rabu di RSUD MA Hanafiah Batusangkar.

Selain itu, terang Roza, saat ini Dinkes Tanah Datar bekerjama dengan Unand melakukan pool test Covid-19 untuk Tanah Datar.

Adapun tujuannya untuk mengindetifikasi insiden Covid-19 dan mengidentifikasi individu yang terinfeksi Covid-19 untuk menjadi dasar dilakukan tracing.

“Metodenya pemeriksaan kelompok berdasarkan populasi penduduk dengan kriteria sampel bersedia untuk diikutkan dalam survey, usia di atas 40 tahun dan banyak beraktifitas di luar rumah,” jelas Roza lagi. Dari data yang dikirimkan, ucap Roza, formulasi yang diolah Unand diperoleh angka 1.678 sampel masyrakat Tanah Datar.

“Sudah 913 orang diperiksa yang dilakukan di seluruh puskesmas di Tanah Datar sejak Senin lalu dan dikirimkan ke Laboratorium Unand,” ulas Roza lagi.

“Harus diingat, virus Corona masih ada di sekitar kita, namun tidak perlu takut, yang terpenting tetap waspada dengan mematuhi protokol kesehatan dan menjaga imun tubuh dengan sehingga sama-sama saling melindungi dari tertular virus Corona,” pesannnya. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!