Breaking News

Connect With us

July 19, 2020

Memasuki New Normal, Masyarakat Nagari Sumanik, Tanah Datar Bangkit Perbaiki Perekonomian


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Dampak Covid -19 sangat terasa  bagi para perantau yang berjuang mengadu nasib di masa New Normal in. Apalagi masih ada daerah di pulau Jawa yang masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Akan tetapi  lain halnya di perkampungan/pedesaan, dampak Pandemi Virus Corona ini sudah tidak begitu terasa lagi oleh masyarakat karena kehidupan masyarakat di perkampungan/pedesaan  yang bertani dan berkebun, apalagi saat-saat  sekarang ini curah hujan sudah mulai turun sehingga masyarakat sudah kembali bercocok tanam. Hasil pertanian mulai keluar melimpah dan siap untuk dipasarkan. 

Hal ini yang membuat masyarakat tidak begitu merasakan dampak Pandemi Corona,  ditambah lagi dengan adanya bantuan Pemerintah dari berbagai jenjang.  Bantuan Tunai dampak Covid-19, dirasakan sangat  membantu masyarakat dalam perekonomian untuk kembali bangkit  dalam berbagai usaha di Nagari dan pedesaan.

Steatmen tersebut diungkapkan Wali Nagari Sumanik, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar  Irama Yandi, SAP pada waktu disambangi fokussumatera.com, Jum’at, 17 Juli 2020 lalu   di kantor Nagari Sumanik.

Ditambahkan Irama, para perantau Sumanik yang sempat pulang kampung sebagian besar sudah kembali ke perantauan hanya beberapa orang saja yang masih tinggal di kampung karena masih ada urusan yang harus diselesaikan di kampung halaman serta masih melepas rindu dengan sanak saudara di kampung yang selama ini di tinggal ke perantauan.

Sedangkan Sekretaris Nagari Sumanik Leo Rivaldi, S.Pd.I mengatakan Pemerintah Nagari Sumanik telah melaksanakan semua kegiatan melalui dana SilPA maupun Dana Alokasi Khusus (DAK) serta Angaran Dana Desa (ADD) di bulan sebelum terjadinya Wabah Virus Corona menghebohkan dunia.

Kasi Pemerintahan Mega Mustika  juga  menambahkan bahwa  Pemerintah Nagari Sumanik juga sudah memasukan data tambahan ke Dinas Sosial  Kabupaten Tanah Datar dengan harapan semua data bisa diterima dan masyarakat Nagari Sumanik  bisa mendapatkan penambahan Penerima BST Kabupaten. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!