July 29, 2020

Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’ Tiga Batur Kembali Ditinjau Tim dari Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Setelah beberapa hari yang lalu (Jum’at,24 Juli 2020), kali ini Tim Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar  dibawah pimpinan Ir. Daryanto Sabir, M.Si ini kembali melakukan peninjauan terhadap  Keplompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) ‘’Mina Nan Enam’’. Tim yang datang berkunjung, Selasa, 28 Juli 2020 kemaren  adalah Kasi Bina Mutu dan Diversifikasi Produk Perikanan Imran, SP bersama Peyuluh Perikanan yang juga sekaligus Pembina Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’ Yuniarti Palar.

Tim disambut langsung oleh Seksi Bidang Produksi Rika Maria bersama Seksi Bidang Pemasaran Teti Jamra di Sekretariat Pokdakan Mina Nan Enam di Tig Batur, Nagari Sungai Tarab, Keecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Seksi Bidang Produksi Rika Maria  kepada fokussumatera.com bahwa dalam kunjungannya tersebut Kasi Bina Mutu dan Diversifikasi Produk Perikanan Imran, SP memberikan pengarahan kepada kelompok tentang kelengkapan Administrasi Kelomok seperti masalah Pembukuan, Iuran Annggota, Pertemuan/Rapat Anggota serta Rencana Kerja Kelompok.

‘’Dalam sebuah kelompok harus ada dan harus jelas dan tertib masalah administrasi kelompok. Kelompok harus mempunyai pembukuan yang jelas dan kelengkapan seperti Buku Kas, Buku Daftar Anggota, Buku Tamu dan Absensi. Selain itu juga harus dirumuskan rencaa kerja yang akan dilaksanakan oleh kelompok, sehingga tujuan kelompok yang akan dicapai jelas. Pertemuan juga harus dilakukan secara rutin minimal sebulan sekali, jangan sampai lebih dari satu bulan baru mengadakan pertemuan, karena itu cenderung akan menyebabkan kelompok menjadi vakum’’ ujar Imran, SP yang diulangi oleh Rika Maria.

Imran, SP juga menyarankan agar kelompok aktif melakukan kegiatan, tidak semata-mata menunggu bantuan dari Pemerintah/Pihak Dinas saja.

‘’Untuk mengaktifkan dan memajukan kelompok dapat dilakukan usaha-usaha misalnya menjual ikan.Saat ini kan zaman sudah canggih, semuanya bisa melalui online. Kelompok dapat menjual ikan misalnya melayani deliveri/antar langsung ke alamat. Pelayanan juga harus prima, misalnya ikan yang dipesan selain antar alamat juga sudah dibersihkan, kalau perlu sudah dikasih bumbu, sehingga orang tinggal memasaknya saja.Jadi intinya Kelompok harus kreatif dalam menciptakan inovasi-inovasi yang dapat mendatangkan incame untuk kelompok. Untuk itu diperlukan Rencana Kerja yang jelas sebagai pedoman apa yang akan dikerjakan kelompok kedepan’’ tambah Imran.

‘’Bahkan kelompok kalau sudah berkembang bisa membuka usaha yang lebih besar lagi, misalnya mendirikan Koperasi Perikanan dan lain-lain’’ tambahnya lagi.

Menindaklanjuti saran dan pengarahan dari  Kasi Bina Mutu dan Diversifikasi Produk Perikanan Imran, SP tersebut Pokdakan Mina Nan Enam langsung  melakukan Rapat Anggota pada hari itu juga sekitar Pukul 14.00 WIB.

Dalam Rapat Annggota yang dipimpin langsung Ketua Kelompok Rena Mulia membahas tiga agenda yaitu Melengkapi dan Menertibkan Administrasi Kelompok dan Membahas Rencana Kerja Kelompok.

Adapu hasil Rapat yaitu :  Yang pertama Melengkapi dan Menertibkan Administrasi Kelompok terdiri dari  menetibkan pembukuan kelompok (Buku Kas, Buku Daftar Anggota, Buku Iuran, Buku Tamu dan Absensi) akan segera dilengkapi dalam waktu dekat oleh Sekretaris Mayati, ST. Kemudian Iuran Kelompok Rp.5000/bulan sesuai dengan yang tertera pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kelompok akan segera ditertibkan oleh Bendahara Maisyarah Syam.Selain itu juga disepakati Pertemuan Rutin Kelompok 2 kali dalam setiap tanggal 1 dan tanggal 15.

Yang kedua Rencana Kerja yaitu Rencana Kerja Jangka Pendek, yang akan diusahakan oleh Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’ selain usaha pembudidayaan ikan adalah usaha dagang/menjual ikan dengan sistem langsung maupun melalui online serta juga melayani delivery. Selain itu juga akan dilakukan usaha menjual berbagai olahan/masakan ikan. Dalam hal ini Kelompok akan mencoba melakukan promosi secara langsung maupuan online melalui Media Sosial.

Kemudian untuk Rencana Kerja Jangka Panjang yaitu Pengolahan ikan yang lebih baik dan lebih memiliki nilai ekonomis untuk dikonsumsi oleh komsumen misalnya membuat ikan kering, pengasapan atau juga pengalengan ikan; Mendirikan Koperasi Perikanan dan Kopeasi Simpan Pinjam serta Menumbuhkan/membina Kelompok-kelompok Pembudidaya Ikan Baru/Binaan dengan bekerjasama dengan Pemerintah/Instansi  Terkait dan mengadakan/memfasilitasi  Pelatihan Kelompok.

Semua Rencana Kerja Jangka Panjang tersebut tentunya dapat dilakukan apabila Pokdakan ‘’Mina Nan Enam sudah maju dan berkembang. Untuk itu selaku Ketua Kelompok Rena Mulia berharap kerjasama dan kekompakan para anggota untuk bekerjasama dan  sama-sama bekerja mengembangkan dan memperjuangkan Pokdakan ‘’Mina Nan Enam’’.  (MR/Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!