Breaking News

July 12, 2020

Serahkan Bantuan Mushalla di Nagari Pasie Laweh Tanah Datar, Ketua TP PKK Ny.Irdinansyah Tarmizi Himbau Masyarakat Daftarkan Anaknya ke PAUD


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan dasar untuk pembinaan anak sejak lahir sampai usia enam tahun dengan cara pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan rohani dan jasmani dalam menyambut pendidikan lebih lanjut.

PAUD itu sendiri terdiri dari tiga tingkatan, 0-1 tahun disebut bayi, 2-3 tahun disebut  balita dan 3-6 tahun disebut Kelompok Bermain.

Mengingat pentingnya PAUD  tersebut, Ketua TP PKK Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi yang juga sekaligus merupakan Bunda PAUD Tanah Datar, mengajak seluruh masyarakat Tanah Datar, terutama orangtua untuk mendaftarkan anak, kemenakannya untuk masuk lembaga PAUD khususnya Usia Kelompok Bermain.

Menurut keterangan Humas Tanah Datar, hal itu disampaikan Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi Kamis (9/7/2020)  lalu di sela-sela kegiatan penyerahan bantuan untuk mushalla di Nagari Pasie Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar.

Ny. Emi Irdinansyah mengungkapkan “PAUD tidak hanya mengajak anak belajar, menulis dan bermain saja, namun juga menempa mental dan karakter untuk menjadi generasi muda yang tangguh dan cerdas menyambut Indonesia Emas 2045, karena itu mari kita bawa dan daftarkan anaknya di PAUD”.

Di tambahkannya  ‘’PAUD menitikberatkan pada pertumbuhan dan perkembangan anak. “PAUD menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, emosional dan seni yang disesuaikan kelompok usia”. 

Ada dua tujuan PAUD ini, ujar Emi, yaitu membentuk anak Indonesia yang berkualitas yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa, serta membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah, sehingga dapat mengurangi usia putus sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya.
Ditambahkan apalagi juga Tanah Datar juga sudah dilaunching menjadi Kampung Inkuiri "Alam Takambang Jadi Guru" awal bulan lalu.

Kampung Inkuiri  artinya bagaimana menyiapkan anak-anak usia dini melalui lembaga PAUD non formal maupun formal dengan mengenali pembelajaran berbasis inkuiri yakni anak difasilitasi bisa mengamati, menganalis dan menyimpulkan sendiri dari media pembelajaran yang disiapkan guru atau memanfaatkan materi alam sehingga konsep alam takambang jadi guru menjadi hal yang tidak asing bagi anak-anak usia dini.

Hal senada disampaikan Kadis Dikbud Riswandi di tempat terpisah. “Pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terus berupaya mendorong anak-anak usia PAUD khususnya umur 3-6 tahun masuk ke lembaga pendidikan PAUD,” sampainya.

Terkait wabah Covid-19, terang Riswandi, PAUD tetap menerima pendaftaran peserta didik namun untuk Proses Belajar dan Mengajar (PBM) secara tatap muka masih ditunda.(Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!