August 28, 2020

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Muspika Kecamatan LBU Lakukan Edukasi Protokol Kesehatan


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Penerapan Protoko kesehatan di tengah situasi Pandemi Covid-19 saat ini menjadi satu hal yang sangat penting dan harus diperhatikan. Terlebih di Tanah Datar saat ini telah bnyak muncul kembali kasus baru positif Covid-19 yanh menyebabkan Kabupaten Tanah Datar bergeser dari Zona Aman. Bahkan saat ini Tanah Datar telah berststus menjadi Zona Merah.

Edukasi pendisiplinan tentang protokol kesehatan di dalam upaya pencegahan Covid-19 perlu ditekankan kembali, agar wabah Virus mengerikan ini tidak semakin menyebar. 

Sebagai  wujud kepedulian dan antisipasi penyebaran Covid-19, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan Lintau Buo Utara (LBU)  menggelar  Kampanye Pendisiplinan tentang Protokol Kesehatan.  

Menurut keterangan Ardoni Ernanda, M.Ag  hari ini, Jum’at, 28 Agustus 2020 acara yang dipimpin langsung oleh Camat LBU  Zulkifli Idris, S.Sos ini berlangsung  Kamis, 27 Agustus 2020 kemaren 

Turut mendampingi Camat Zulkifli Idris, S.Sos adalah Kapolsek Lintau Buo Utara Ipda. Pifzen Pinot, SH ; Danramil Lintau Pelda. Endrik Gaba;  Ka.UPT. Puskemas Lintau Buo Utara  Mulyadi, S.KM; Ka.UPT Puskesmas Lintau Buo Utara I dr. Nurul, S.Kep serta sejumlah personil Tim Gugus Tugas Kecamatan Lintau Buo Utara.

Semua personil  bergerak ke Pasar Balai Tangah.  Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah   pengencekan  suhu tubuh pengunjung pasar dan kepada Pengunjung pasar yang tidak memakai  masker diberikan edukasi dan nasehat oleh petugan. Tim Muspika juga  dititik lokasi mnyediakan alat cuci tangan dan handsanitazer yang dikhususkan bagi masyarakat di jalan masuk Pasar Balai Tangah.

Dalam kesempatan tersebut para  petugas  juga memberikan himbauan kepada para pedagang, pengunjung mau pun kepada pengendara yang melintas di Pasar Balai Tangah agar selalu memakai masker serta mengikuti aturan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui sound system pengeras suara. Kegiatan himbauan dan edukasi masyarakat ini juga dilakukan secara berkeliling di sekitar Pasar. Sementara untuk di setiap Nagari dan Jorong yang ada di Kecamatan Lintau Buo Utara ini, sementara untuk edukasi  dilakukan oleh pemerintahan Nagari dan ini telah bicarakan bersama dengan para Wali Nagari. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Camat Lintau Buo Utara.

Dalam keterangannya kepada media Camat Lintau Buo Utara Zulkifli Idris, S.Sos  mengatakan bahwa kegiatan yang di laksanakan ini merupakan bentuk pendisiplinan dan edukasi  tentang protokol kesehatan terhadap masyarakat agar terus memakai masker.

”Kita  harus cepat bertindak dan mengambil peran dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Corona di Kecamatan Lintau Buo Utara dengan  melibatkan berbagai elemen dan tokoh, yang terdiri dari TNI, Polri, dan Pemerintah, Kepala MAN 3 Tanah Datar, serta tokoh masyarakat, dengan tujuan mengkampanyekan dan memberikan pemahaman tentang protokol kesehatan Covid 19 agar masyarakat disiplin dan tetap menggunakan masker" katanya.

‘’Kondisi Saat ini, bahwa penyebaran Covid-19 ini masih tinggi khususnya di Kabupaten Tanah Datar sehingga dengan tetap memakai masker ini kiranya dapat mencegah atau pun menimalisir penyebaran Covid-19 di tengah-tengah maayarakat dan di lingkungan keluarga. Dengan kita selalu memakai masker tujuan utamanya agar tidak tertular Covid-19 pada saat menjalankan aktivifitas di luar rumah dan juga dapat membangun kesadaran saudara-saudara kita untuk saat ini tentang pentingnya menggunakan masker dan berprilaku hidup sehat dan bersih’’pungkasnya.(Z.Z)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!