Breaking News

August 8, 2020

Selamat dan Sukses untuk Dr. Alfian Jamrah, Kepala Batperlitbang Tanah Datar Atas Gelar Barunya ‘’Doktor’’


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Tanah Datar  Alfian Jamrah, Msi setelah melalui perjuangan, dengan kegigihan dan keuletannya akirnya berhasil meraih gelar Doktor usai mengikuti Ujian Tertutup Disertasi Program Doktor Pascasarjana Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (6/8) lalu di Ruang Pascasarjana UNP Padang melalui Video Conference.

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar pun turut berbahagia dan memberikan apresiasi serta penghargaan yang tinggi kepada Alfian Jamrah atas prestasinya meraih gelar Doktor di tengah-tengah kesibukannya.

Berdasarkan keterangan Humas Tanah Datar,  hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi melalui telepon genggamnya, Jum’at, 07 Agustus 2020 kearen. 

“Kami yakin perlu perjuangan yang sangat keras untuk mencapainya,” sampai Irdinansyah.

 Disertasi "Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Nilai-nilai Kearifan Lokal 'Tau Jalan Nan Ampek' di Sekolah Menengah Tingkat Atas Kota Batusangkar", sangat aktual saat ini dan sangat strategis di tengah kepungan budaya luar dan terpaan perkembangan teknologi yang sangat gencar. Semoga hasil penelitian Alfian Jamrah dapat diterapkan di dunia pendidikan Tanah Datar, Bangga dan syukur, ini merupakan raihan tertinggi ASN Tanah Datar pada masa 5 tahun terakhir, Selamat Dr. Drs. Alfian Jamrah M. Si” tambah Bupati.

Alfian  Jamrah berhasil meraih gelar Doktor pada Program Studi Ilmu Pendidikan, setelah mempertahankan disertasinya dihadapan 10 orang tim penguji ujian tertutup, yang berasal dari UNP dan Penguji Tamu dari Universitas Andalas (Unand) Padang, dengan predikat Sangat Memuaskan. Gelar ini diraih setelah menempuh Pendidikan selama 8 tahun, dengan biaya mandiri.

“Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Nilai-Nilai Kearifan Lokal ‘Tau Jalan Nan Ampek’ di Sekolah Menengah Tingkat Atas Kota Batusangkar”, merupakan judul disertasi yang mengantarkan Alfian Jamrah meraih gelar Doktornya. Topik ini dipilih atas ketertarikan Alfian terhadap dunia pendidikan dan kebudayaan yang memang menjadi perhatiannya selama ini.

“Melalui hasil disertasi ini nantinya bisa diterapkan, kita berharap, dari Tanah Datar sebagai Luhak Nan Tuo lahir konsep model pembelajaran tentang pengamalan budaya Minangkabau, pendidikan karakter dengan kearifan lokal. Untuk tahap awal kita upayakan di tingkat SMA, selanjutnya bisa diterapkan ke SMP dan SD. Tentunya dengan dukungan dari Pemerintah Daerah nantinya” terang Alfian saat dihubungi melalui telepon,  di hari yang sama, Jumat (07/08/2020).

Kepada ASN, terutama yang masih muda, dan masih panjang perjalanan serta karirnya Alfian berpesan, agar tidak cepat berpuas diri dengan ilmu, pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki. ASN harus selalu mau mengembangkan potensi, mencari pengalaman, dan menambah wawasan. Banyak jalan yang tersedia untuk pengembangan SDM aparatur, bisa dengan pendidikan pelatihan (Diklat), bimtek, atau penataran, di samping jenjang pendidikan formal melalui izin belajar ataupun tugas belajar.

“Banyak tempat untuk mengembangkan diri, dan menambah ilmu, karena ilmu tidak akan habis-habisnya. Dulu, saya selalu cari itu, kalau ada pelatihan-pelatihan, kalau memang harus bayar, saya bayar, karena haus akan ilmu itu” ujar alfian.

Alfian memulai karir ASN melalui ijazah SMA, lalu melanjutkan D3 di APDN dan S-1 di Universitas Brawijaya Malang jurusan Administrasi Negara. Lalu menyelesaikan Studi S-2 Perencanaan Pembangunan di Universitas Andalas Padang.Tentunya bukan perjalanan yang mudah, namun Alfian Jamrah dapat melalui semua itu, dan saat ini telah sampai di jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan mengantongi Gelar S3 nya ‘’ Doktor’’. 

Semoga gelar baru ini semakin memantapkan kinerja Beliau sebagai orang nomor satu di Baperlitbang Tanah Datar, dan mengabdi untuk Tanah Datar menjadi lebih baik kedepannya.(Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!