Breaking News

August 2, 2020

Walikota Deri Asta, SH Himbau Warga Sawahlunto Tingkatkan Penerapan Protokol Kesehatan


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Pasca munculnya kembali Kasus Positif Covid-19 di Kota Sawahlunto beberapa hari yang lalu, Walikota Deri Asta, SH menghimbau masyarakat Kota Sawahlunto agar lebih waspada dan meningkatkan penerapan Protokol kesehatan sesuai Standar Covid-19. Deri juga menghimbau agar  masyarakat Sawahlunto dihimbau untuk tidak lengah apalagi mengabaikan penerapan standar protokol kesehatan, sebab resiko penyebaran Covid - 19 masih mengintai. Tanpa penerapan standar protokol kesehatan, maka tentu masyarakat tidak akan punya benteng lagi dalam menghalau resiko penyebaran Covid - 19, sehingga protokol kesehatan haruslah terus dijalankan dala kehiupan sehari-hari.

Menurut keterangan Humas Sawahlunto hal tersebut disampaikan Walikota Deri Asta, SH Jum’at, 31 Juli 2020 kemaren.

"Kita pantau di lapangan, agaknya dalam masa tatanan normal baru produktif dan aman dari Covid - 19 ini, penerapan standar protokol kesehatan kita masih agak lemah. Padahal resiko Covid - 19 tetap ada, tidak berkurang. Makanya kita ingatkan dan himbau kembali untuk kembali bersama - sama meningkatkan penerapan standar protokol kesehatan ini". 

Deri Asta juga menyebutkan bahwa menyusul hasil SWAB test dimana ada tambahan 6 orang warga Sawahlunto yang terdeteksi positif Covid - 19, menunjukkan bahwa resiko penyebaran Covid - 19 di Sawahlunto kembali terbuka. Maka itu, diharapkan masyarakat tidak meremehkan resiko itu.

"Pasca adanya 1 warga kita yang terkonfirmasi sebagai pasien suspect (terindikasi) Covid - 19 karena hasil pemeriksaan SWAB test - nya itu adalah positif, ditambah lagi setelah keluarga dan tetangganya kita SWAB test juga ternyata terkonfirmasi ada 6 orang lagi yang positif hasil test - nya, maka kita tingkatkan kembali langkah - langkah pencegahan penyebaran Covid ini. Dari petugas kesehatan kita sudah turun untuk melakukan penelusuran (tracking) siapa saja yang pernah berkontak fisik dengan pasien, kemudian juga melakukan penyemprotan disinfektan pada rumah pasien tersebut," kata Deri Asta.

Namun saat ini sesuai prosedur penanganan Covid-19, keluarga, tetangga sekitar dan tenaga medis yang merawat pasien suspect tersebut sudah dibawa ke Balai Diklat Tambang Bawah Tanah   (BDTBT) Sungai Durian untuk menjalani karantina. 

Dari laporan Kepala Dinas Kesehatan Yasril, total 22 orang yang dikarantina di BDTBT tersebut.

Sementara itu, sesuai kesepakatan dan aturan dari Pemerintah Pusat, bahwa jika di suatu Kota/Kabupaten ada terdeteksi warga yang positif Covid - 19/pasien suspect, maka aktifitas pembelajaran bertatap muka diliburkan. Sehingga mulai Selasa 28 Juli 2020 kemaren, para pelajar Sawahlunto kembali belajar secara online (daring) dari rumah. 

"Memang seperti itu aturannya, ditambah lagi kebetulan anak dari pasien suspect Covid - 19 ini ternyata juga ada yang bersekolah di salah satu SLTA di Sawahlunto ini. Sehingga kita kembali meliburkan pembelajaran tatap muka di sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Asril, S.Pd, M.Pd.

Terkait hasil SWAB test dimana 1 anak pasien suspect tersebut yang ternyata hasil testnya juga positif, maka teman - teman sekelas dan guru anak bersangkutan juga akan di SWAB test.

"Jadi dari SWAB test pada keluarga pasien itu, 1 anaknya yang bersekolah di SMPN 1 Sawahlunto juga positif. Maka itu kita akan segera SWAB test juga teman - teman sekelas bersama guru - guru" kata Asril. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!