Breaking News

September 24, 2020

Kapolda Sumbar Kukuhkan Pokdar Kamtibmas Kota Sawahlunto



FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Kapolda Sumatra Barat  (Sumbar) Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH mengukuhkan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Kota SawahluntoPokdar Kabtibmas Sawahlunto yang termasuk ke dalam wilayah IV ini menurut keterangan Humas Kota Sawahlunto hari ini,  dikukuhkan bersama dengan 4 Pokdar Kamtibmas  lainnya yaitu Pokdar Kamtibmas Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya di Gedung Kubung Solok 13 Selasa  (21/9) kemaren.


Kapolda menyebutkan kehadiran Pokdar Kamtibmas ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat,  sebab untuk menciptakan kondisi yang kondusif, karena adanya perbandingan jumlah aparat Polri yang tidak seimbang dengan jumlah penduduk. 


"Keberadaan Pokdar Kamtibmas sebagai Problem Soving dalam mengatasi masalah yang terjadi dimasyrakat dengan meminimalisir masalah yang sampai ke ranah hukum,  seandainya bisa diselesaikan oleh Pokdar Kamtibmas maka lebih baik. Bentuk dari Alternative Dispute Resolution (ADR)  ini bisa menjadi solusi yang mumpuni dalam kemajemukan problematika masyarakat,  sebab Polri juga memiliki keterbatasan dalam anggaran untuk menangani persoalan masyarakat. Kelahiran Pokdar dari wilayah IV ini bisa cepat dilegalitaskan oleh Kementerian Hukum dan HAM, dan juga sebaiknya Pemerintah Daerah bisa mengalikasukan anggaran untuk keberlangsungan Pokdar Kamtibmas ini,  seperti Kota Bukittinggi yang Pemerintah Daerahnya mengalokasikan dana hingga Rp.  3 Miliyar untuk Pokdar Kamtibmas   Kota Bukittinggi, ini bisa jadi pemicu bagi Pemerintah Daerah yang lain’’ ujar Kapolda. 


Sementara itu Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH  menyampaikan bah  Pokdar Kamtibmas Sawahlunto adalah organisasi yang membantu Pemerintah Daerah dalam mengamankan gejolak- gejolak dari persoalan masyarakat. Dia memberikan apresiasi baik terhadap Pokdar Kamtibmas yang didukung oleh Polri.


Ketua Pokdar Kamtibmas H.  Jaswandi,  SE didampingi Wakil Ketua H. Ismed,  SH mengungkapkan rasa syukurnya bahwa proses pembentukan Organisasi Masyarakat Pokdar Kamtibmas dapat berjalan dengan sukses,  dan telah selesai dikukuhkan oleh Kapolda Sumbar. Menurutnya segera akan dijalankan program-program Pokdar kedepannya.  Yang sesuai dengan kondisi saat ini yaitu penanganan covid 19.


 " Kita akan berperan aktif dalam mensosialisasikan Pergub mengenai protokol kesehatan dalam beraktifitas, pemasangan masker,  mencuci tangan dan menjaga jarak. Semuanya ada standarisasinya dan sanksi hukumnya bila tidak dipatuhi" jelasnya. 


Terkait dengan semakin momen Pilkada H.  Jaswandi sampaikan  " Meskipun daerah kita Sawahlunto tidak ada pemilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Gubernur, namun sudah tupoksi dari Pokdar Kamtibmas untuk menciptakan situasi yang kindusif,  aman dan nyaman bagi warga Sawahlunto. Disamping itu Pokdar Kamtibmas juga akan membantu penyelesaian dalam masalah sosial di masyarakat, berangsur dan berkelanjutan. Kita optimis Pokdar Kamtibmas akan diterima oleh masyarakat Kota Sawahlunto" ujarnya (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!