September 18, 2020

Penilaian Kinerja Kepala MAN 3 Tanah Datar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali) dan empat tahunan.

Terkait dengan pelaksanaan penilaian kinerja Kepala Madrasah tersebut, Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah menyusun Petunjuk Teknis (Juknis) Penilaian Kinerja Kepala Madrasah yang kemudian ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019. Juknis di dasari dari PMA nomor 58 Tahun 2017 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Madrasah.


Kinerja Kepala Madrasah, sebagaimana Juknis, dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama Kepala Madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Sehingga kelimanya meliputi : Usaha pengembangan madrasah, Pelaksanaan tugas managerial, Pengembangan kewirausahaan, Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan serta Hasil kinerja Kepala Madrasah dimana  keempat komponen penilaian tugas utama Kepala Madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja Kepala Madrasah) dinilai empat tahun sekali.


Berdasarkan keterangan Ardoni Ernanda, M.Ag melalui pesan WhatsAppnya hari ini mngatakan Penilaian kinerja Kepala Madrasah Aliyah di Sumatera Barat serentak dilaksanakan tanggal 17 s.d 19 September 2010. Untuk MAN 3 Tanah Datar Penilaian Kinerja Kepala  Madrasah dilaksanakan pada Kamis , 17 September 2020, bertempat di Ruang Kelas XII IPA.


Ditunjuk sebagai Tim Asesor PKKM dari Kanwil Kemenag adalah Kasi Guru H.Amrizal, M.Ag, beserta dua orang Staf Penmad; Kasi Pendidikan Madrasah Tanah Datar H.Helmi Zuldi, M.Pd.I;  Pengawas Madrasah Dra. Sunarti dan Yesi Oktafiyanti, MA;  Perwakilan Guru Asril, S.Ag dan Erni Yusnita, S.Pd; Perwakilan Tata Usaha Linmarny, S.Ag dan Melniati, A.Md;  serta Perwakilan Komite dan Tokoh Masyarakat adalah Syafril dan Marlinda Gusti.


Kedatangan Tim PKKM dan  Pengawas Madrasah disambut oleh keluarga besar MAN 3 Tanah Datar, dengan acara pembukaan dari Ketua Tim, Ekpose Madrasah dari Kepala Madrasah diakhiri dengan Visitasi dan Ceking Dokumen PKKM empat Tahun.


Dalam Pengarahannya, Drs.H. Syamsul Arifin, M.MPd (Ketua Tim PKKM) yang sekaligus merupakan Kabid Pendidikan Madrasah,  Penilaian Kinerja Kepala Madrasah  merupakan sistem formal yang digunakan untuk menilai kinerja secara periodik, dan hasilnya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan, pemberian reward, perencanaan, pemberian konpensasi dan motivasi bagi seorang yang menjabat menjadi Kepala Madrasah, kemudian Ketua Tim juga mengapresiasi  dengan berbagai berkas yang sudah disiapkan oleh Madrasah. 


“Saya mengapresiasi sekali atas kinerja madrasah, begitu banyak berkas yang sudah disiapkan, semoga dapat dibuktikan sesuai instrument PKKM,  inggat bobot penilaian maksimal 4 minimal 1,semoga MAN 3 Tanah Datar Semakin berkembang dan dibanjiri oleh peminatnya’’ ucapnya.


Sementara itu Kepala MAN 3 Tanah Datar Ardoni Ernanda, M. Ag dalam Ekposenya menyampaikan, mulai sejarah berdirinya MAN 3, Kondisi Terkini, Program Unggulan, Prestasi Madrasah, Kendala dan Tantangan dalam pengembangan Madrasah dan ucapan terima kasih kepada Kemenag dan Masyarakat.


Ardoni Ernanda, M. Ag juga  menyampaikan, akan selalu berusaha lebih baik, meskipun banyak Keterbatasan dan Kendala, dan Insyaa Allah didalam kekurangan yang dimiliki akan selalu menuju Kesempurnaan dan Berprestasi.


‘’Ini termasuk pelayanan terhadap peserta didik, tempat dimana mereka wajib mendapatkan pendidikan dan  transfer ilmu dari para Ustazd/Ustadzah di MAN 3 Tanah Datar’’  ungkap Ardoni Ernanda, M.Ag.


Acara diakhiri dengan Penyerahan Buku Karya Kepala MAN 3 Tanah Datar dengan Judul "Menjadi Kepala Madrasah Hebat" serta Penyerahan Bahan Penilain dari Ardoni Ernanda, M.Ag kepada Ketua Tim PKKM.(Z.Z)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!