September 8, 2020

Proposal Pengembangan BLK Sawahlunto Segera Diusulkan ke Pemerintah Pusat


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Rencana pengembangan Balai Latihan Kerja (BLK) Sawahlunto diusulkan ke Pemerintah Pusat agar dapat dibantu oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker). Pengusulan ini dibantu oleh Mantan Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas (Binalattas) Kemnaker yang kini menjabat sebagai Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Masri Hasyar.

Dalam rilisnya hari ini, Humas Kota Sawahlunto menjelaskan bahwa untuk mematangkan konsep pengembangan BLK terpadu itu, Masri Hasyar bertemu dengan Walikota Sawahlunto Deri Asta, pada Senin 07 September 2020 kemaren. Setelah berbincang - bincang dengan Walikota, Masri Hasyar kemudian meninjau lokasi BLK Sawahlunto.

Masri Hasyar mengatakan peluang BLK Sawahlunto sangat besar untuk dikembangkan lebih lanjut. Namun memang jika dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Sawahlunto saja tidaklah bisa terjangkau sebab pengembangan BLK ini membutuhkan anggaran yang besar.

"Saya melihat bagaimana perhatian dan semangat dari pak Walikota Deri Asta bersama jajarannya untuk BLK ini. Itulah yang membuat saya juga bersemangat untuk membantu mengusulkan proposal pengembangan BLK Sawahlunto ini ke pemerintah pusat. Kebetulan saya ini kan mantan Dirjen Binalattas di Kemnaker, jadi masih punya jaringan/networking untuk itu. Itulah yang menjadi bekal kita sekarang untuk membawa usulan pengembangan BLK Sawahlunto ini ke Kemnaker" ujar Masri Hasyar, putra daerah Sawahlunto yang tercatat sebagai Alumni SMA Negeri Sawahlunto angkatan tahun 1969.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menyatakan sangat berterimakasih terhadap perhatian dan dukungan dari Masri Hasyar terhadap rencana pengembangan BLK Sawahlunto.

"Alhamdulillah. Ini menjadi jalan bagi rencana kita untuk mengembangkan BLK. Memang harapan kita pada bantuan dari pemerintah pusat ini, sebab kalau dengan mengandalkan APBD saja, tentu sangat terbatas," sebut Walikota Deri Asta.

Disampaikan Walikota, BLK Sawahlunto memang dikonsepkan untuk dikembangkan menjadi kawasan pelatihan terpadu. Sehingga dengan itu bisa memfasilitasi berbagai pelatihan dari Kementerian - Kementerian atau pun lembaga/institusi lainnya.

"Selain sebagai lokasi pelatihan untuk peningkatan skill/keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) calon tenaga kerja kita, BLK ini juga kita harapkan bisa mengumpulkan peserta pelatihan dari daerah - daerah lain. Sehingga dengan banyaknya peserta dari daerah lain, nanti akan menginap, makan dan lain - lain di Sawahlunto, itu memberikan dampak ekonomi pada masyarakat kita nantinya" kata Walikota Deri Asta. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!