Breaking News

October 12, 2020

HKG PKK KB-Kes Tahun 2020, TP PKK dan Pemkab Tanah Datar Komitmen Bangun Kesejahteraan Masyarakat



FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Hari Kesatuan Gerak Pendidikan Kesejahteraan Keluarga , Keluarga Berencana dan Kesehatan (HKG PKK KB-Kes) Tahun 2020 Tanah Datar akan memfokuskan pembangunan kesejahteraan keluarga. Hal tersebut disampaikan  Pjs. Bupati Tanah Datar yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahaan Nuryeddisman saat membuka secara resmi Rapat Kesepakatan dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK, Keluarga Berencana dan Kesehatan tingkat Kabupaten. Menurut keterangan Humas Tanah Datar dalam rilisnya hari ini, Rapat tersebut digelar di Gedung PKK Indo Jolito, Jum’at (09/10/2020).


Nuryeddisman menyatakan akan  mendorong peran aktif  PKK sebagai mitra pemerintah dalam membangun ketahanan dan kesejahteraan keluarga.


“Kami melihat PKK selama ini telah mampu  menjalin kerjasama dengan OPD terkait untuk terus mengembangkan potensi dan jaringannya sehingga dapat menjangkau seluruh keluarga dan masyarakat” ucap Nuryeddisman.


Nuryeddisman tambahkan Pemerintah Daerah bersama PKK punya komitmen yang sama untuk membangun kesejahteraan masyarakat.


Untuk itu sampai Nuryeddisman, melalui kegiatan kesatuan gerak PKK KB-Kes harus dijadikan momentum meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan program keluarga berencana dan kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektoral.


“Salah satunya, mari aktif kembali posyandu yang memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar serta memasyarakatkan perilaku keluarga hidup sehat di rumah tangga” pesannya.


Lebih lanjut Nuryeddisman berharap kepada tim operasional kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan untuk tidak bosan-bosannya memberikan penjelasan kepada keluarga dan masyarakat akan pentingnya program KB dan Kesehatan, sehingga beban individu dan pemerintah dengan sendirinya akan berkurang dan tentunya masalah-masalah pembangunan lainnya seperti pengangguran, kemiskinan, infrastruktur, demokrasi dan lainnya dapat diatasi secara simultan.


Senada dengan itu Pjs. Ketua TP PKK Ny. Tuti Rahman menyampaikan kesatuan gerak PKK merupakan momentum yang strategis terutama dalam menjadikan keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat tempat dimulainya revolusi mental karena keluarga wahana utama dalam membentuk generasi muda penerus bangsa yang berkarakter.


Dikatakan Ny. Tuti, telah menjadi komitmen bersama untuk mewujudkan Kabupaten Tanah Datar yang masyarakatnya mempunyai derajat kesehatan yang baik dan pengendalian kelahiran yang terjaga.


‘’Indikatornya penurunan adalah  angka kematian ibu hamil dan bersalin, penurunan angka kematian bayi,  dan balita  dan tentunya partispasi pasangan usia subur dalam program keluarga berencana’’ jelasnya. 


Ny. Tuti juga sampaikan kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun secara terpadu dan berjenjang bulan Oktober sampai Desember. “Keterpaduan lintas sektor dalam pelaksanaan kegiatan ini sangat diharapkan” ucapnya.


“Kegiatan hari ini untuk menyepakati dan mempersiapkan target KB, target kesehatan dan target PKK (dasawisma) serta bagaimana persiapan untuk membina nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo mewakili Tanah Datar lomba Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tahun 2020 ini,” pungkasnya.


Turut hadir dalam acara rapat tersebut  Kadis PMDPPKB Nofenril dan Kadis Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis, Wakil Ketua II TP PKK Ny. Rina Irwandi dan pengurus lainnya. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!