Breaking News

November 27, 2020

Bawaslu Pariaman Rapid Test 171 orang PTPS

Rapid test bagi PTPS Kota Pariaman


FS.Pariman(SUMBAR)-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman melakukan rapid test kepada 171 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada, Kamis kemarin (26/11).


Ketua Bawaslu Pariaman, Riswan mengatakan rapid test bertujuan untuk memastikan PTPS bebas dari Covid-19 serta menghindari penyelenggara dan pemilih terjangkit dari virus corona.


"Dari 178 orang PTPS, 171 orang telah menjalani rapid test kemudian 7 orang lagi berhalangan hadir. Sedangkan untuk hasilnya beberapa diantara yang telah dirapid ada beberapa orang yang reaktif," ujar Riswan melalui sambungan telepon, Jumat (27/11).


Lanjutnya, untuk yang reaktif hasilnya telah dilaporkan ke Bawaslu Provinsi, dan akan dilakukan pemeriksaan tahap dua. Sedangkan yang belum rapid, akan di lakukan besok Sabtu (28/11).


Ia menyampaikan pelaksanaan tersebut juga sebagai upaya untuk melindungi anggotanya serta pemilih di TPS dari COVID-19. 


"Tiga hari menjelang hari pemilihan semua PTPS harus sehat atau bebas dari COVID-19," katanya. 


Tugas dari PTPS tersebut yaitu mengawasi pelaksanaan di hari pemilihan dan penghitungan suara serta penerapan protokol kesehatan di TPS.


Meskipun pengawas TPS tersebut bertugas mengawasi pelaksanaan pemilihan namun jajaran Bawaslu itu juga ikut mengawasi pelaksanaan kampanye. 


Pihaknya menyampaikan beberapa bulan lalu Bawaslu Pariaman juga melaksanakan tes cepat untuk pengawas kelurahan dan desa yang tujuannya memastikan kesehatan personelnya dalam mengawasi proses pemilihan kepala daerah.


"Kita juga melakukan koordinasi dengan pihak dinas kesehatan setempat, jikalau ada yang sifatnya urgen terkait rapid test ini maka akan langsung direkomendasikan ke sana," tutupnya (war)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!