Breaking News

Connect With us

November 19, 2020

Masyarakat Nagari Atar Rasakan Manfaat Keberadaan IAIN Batusangkar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Seiring kemajuan zaman dan kehidupan sosial, membuat para orang tua menginginkan anak-anak  mereka bersekolah lebih tinggi sampai kejenjang Sarjana. Hal ini tentu menjadi suatu dilema juga bagi keluarga kalangan menengah ke bawah, tidak hanya anak tetapi juga orang tua,  karena  di satu sisi ingin melihat kesuksesan anak-anak dengan mengenyam pendidikan yang lebih tinggi  menjadi serjana yang siap bersaing di berbagai dunia usaha.


Namun di sisi lain keadaan ekonomi membuat sering terkendalanya keinginan orang tua dan anak untuk menimba ilmu di Perguruan Tinggi. Oleh sebab itu kehadiran suatu Perguruan Tinggi di daerah yang mudah di akses  sangat membantu kalangan masyarakat menengah ke bawah.Seperti  yang dirasakan banyak masyarakat di Kabupaten Tanah Datar, yang sangat bersyukur dengan adanya kampus Institut Agama Islam Negeri  (IAIN Batusangkar).


Semula hanya sebagian masyarakat berekonomi cukup kuat yang mampu menikmati bangku Perguruan Tinggi , namun saat ini hampir semua kalangan bisa melanjutkan pendidikan ke universitas termasuk banyaknya masyarakat  Tanah Datar yang  melanjutkan pendidikan ke IAIN Batusangkar. Semua ini tentu sangat dirasakan dampak positif dari kehadiran IAIN Batusangkar bagi masyarakat luas.


Sebagainama dituturkan Ridwan Khatib Sampono, salah satu Tokoh Masyarakat Nagari Atar. ‘’Dari tahun ketahun mangkin bertambah jumlah orang tua yang  memasukan anak-anak mereka ke IAIN Batusangkar .Terlebih  IAIN Batusangkar juga terus meningkatkan mutu dan fasilitas pendidikan maupun fisik bangunannya’’ ujar Ridwan  saat berbincang dengan fokussumatera, Kamis, 19 Nopember 2020.


Halyu  Pardi selaku Wali Nagari juga membenarkan keterangan Ridwan . Dikatakannya  ‘’karena sejak tahun 2018 lalu jumlah anak-anak Atar terus meningkat untuk menimba ilmu pengetahuan di IAIN Batusangkar. Hal ini karena kampus yang berada di Batusangkar sendiri yang tidak jauh dari Nagari Atar sehingga biaya untuk kuliah di IAIN Batusangkar tidak terlalu besar, sehingga bisa dijangkau dengan perjalanan pergi pulang (PP)’’.


 ‘’Kami dari Pemerintah Nagari Atar sangat bersyukur dengan adanya  kampus IAIN Batusangkar ini, sehingga bisa meningkatkan minat masyarakat kami untuk menimba ilmu sampai ke perguruan Tinggi, ini terbukti dari tahun-ke tahun jumlah anak Atar makin bertambah yang kuliah di sana’’ tambah Halyu Pardi.


Sedangkan sekretaris Nagari  Aswir yang didampingi ketua KAN Nagari Atar menyampaikan harapannya ‘’Semoga IAIN Batusangkar terus bisa menjalin kerja sama yang baik dengan seluruh nagari di Tanah Datar seperti yang dirasakan di Nagari Atar. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!