Breaking News

Connect With us

November 12, 2020

Peduli Nasib Pendidikan di Masa Pandemi, IKSK Geral Webinar ‘’Bertajuk Ngobrol Bareng Siswa"


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-
Sebagai salah satu bentuk kepedulian nasib dan masa depan dunia pendidikan di tengah Wabah Pandemi Covid- 19, Komunitas Ikatan Keluarga Kota Sawahlunto (IKSK) yang menggelar Webinar yang diikuti oleh para Perantau se-Jabodetabek secara berkala. Menurut keterangan Humas Kota Sawahlunto dalam rilisnya hari ini mengatakan, Webinar   yang bertajuk "IKSK Ngobrol Bareng Siswa (I-Ngobras) diselenggarakan Minggu,  8 November 2020 kemarin  dan diselenggarakan secara virtual langsung dari Jakarta.


Peserta Webinar ini tidak hanya berasal dari Jabodetabek saja bahkan dari  kampung halaman Kota Sawahlunto dan berbagai daerah lainnya di Indonesia.Pada tahap pertama sedikitnya sudah 257 orang peserta yang bergabung denga tingkat kehadiran saat acara berlangsung di atas 85 %.Topik yang dibahas diantaranya Pembinaan Mental Spiritual Generasi Muda.


Dalam Webinar tersebut Ketua Umum  IKSK Jasyanto Sahoer, menyampaikan berbagai gagasan dan harapannya agar kegiatan yang digelar ini mampu merekat silaturahmi dalam memperkokoh kekuatan organisasi secara berkesinambungan dalam mewujudkan peran IKSK untuk membantu para siswa Sawahlunto mampu bersaing ditengah pergulatan kemajuan teknologi dan informasi yang sangat ketat saat ini.


"Penguasaan teknologi dan informasi sangat penting saat ini, sebagai contoh dibidang teknologi industri penerbangan dan antariksa agar kita tidak ketinggalan oleh negara-negara berkembang lainnya. Untuk itulah, melalui peran dan kontribusi IKSK dalam memajukan bangsa, maka kita giatkan terus program bidang pendidikan ini secara berkesinambungan." Tutur Jasyanto, yang juga sebagai Kabag Humas Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) ini


Jasyanto juga  memaparkan berbagai hasil penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan (litbangjirap) dan informasi visual hasil litbangjirap yang menarik minat peserta, seperti teknologi roket, satelit, penerbangan, penginderaan jauh, sains antariksa dan afmosfer.


Sementara Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH didampingi sejumlah staf dan pembantunya turut serta kegiatan webinar. Deri Asta menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan dan program yang digagas IKSK . Deri mengakui peran dan kontribusi IKSK sangat besar untuk mencerdaskan sumber daya generasi Sawahlunto agar lebih berdaya saing dan maju, melalui kegiatan webinar serta dukungannya dalam memberikan beasiswa.


Ketua BAKOR IKSK H. Zulkarnain Oeyeob, SH, MM,MH, memberikan dukungan kegiatan ini. Harapannya, semoga informasi dan materi yang diangkat dalam webinar ini mampu menginspirasi kalangan generasi muda dan siswa-siswi untuk memahami sajian materi yang diangkat para pembicara webinar. Zulkarnain mengungkapkan nama-nama seperti Nila Kresna, Sylvia Djarjis, tokoh Sawahlunto sebagai praktisi public speaking sebagai orang berpengalaman dibidang kegiatan sosial dan motivator, serta owner sebuah hotel di Duren Sawit, Jakarta Timur, yang juga pemilik Komunitas Lansia Indonesia Bahagia, Sehat dan Aktif (KLIBSA), bertindak sebagai moderator webinar Z.Dearty, Z, yang juga ga Sekretaris Umum IKSK Jabodetabek.


Pemateri yang ikut berpartisipasi antara lain Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto Asril,  Kepala Sekolah, Guru dan Warga IKSK, dengan pembicara Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH.


Pada Webinar ini juga diberikan bantua Beasiswa kepada pelajar  yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yang diberikan kepada mahasiswa dari keluarga tidak mampu. 


Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab. Peserta yang terdiri dari berbagai unsur tokoh, guru dan siswa terlihat antusias karena sangat tertarik dengan isu-isu perkembangan teknologi bidang penerbangan dan antariksa, dengan banyaknya yang bertanya tentang bagaimana cara kerja roket, kompetisi roket cair, fungsi satelit, fenomena astronomi, dan materi pengembangan diri serta motivasi. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!