Breaking News

Connect With us

November 7, 2020

Pj. Wali Nagari Tambangan, Tanah Datar Resmi Dilantik


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Masa jabatan Wali Nagari Definitif  Nagari Tambangan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar  harus berakhir karena Wali Nagari Definitif sebelumnya Pelmi meninggal dunia beberapa waktu lalu. Namun Roda Pemerintahan Nagari harus tetap berjalan. Demi kelancaran berlangsungnya roda Pemerintahan Nagari , Pjs. Bupati Tanah Datar Erman Rahman melantik Pj. Wali Nagari Tambangan yang baru sampai terpilihnya Wali Nagari Definitif yang baru. Ronal Satria dipercaya sebagai Pj. Wali Nagari yang baru.

Humas Tanah Datar dalam rilisnya hari ini menyebutkan, Pjs.Bupati Tanah Datar Erman Rahman telah melantik Ronal Satria menjadi Pj. Wali Nagari Tambangan menggantikan Pj. Wali Nagari sebelumnya  Almarhum Pelmi, Jum’at, 06 November 2020  kemaren di Kantor Wali Nagari setempat.


Acara  dihadiri  oleh anggota DPRD Tanah Datar Beni Remon, Kadis PMDPPKB Nofenril, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, Camat X Koto Khairunnas Y, Forkompinca, Wali Nagari se-Kecamatan X Koto, tokoh masyarakat serta  undangan lainnya.


Selain pelaksanaan pelantikan Pj. Wali Nagari, pada hari itu di hadapan Pjs. Bupati Tanah Datar dan undangan juga dilakukan pengukuhan Kepengurusan Kerapatan Adat Nagari  (KAN) Nagari Tambangan.


Dalam sambutannya Pjs. Bupati Erman Rahman menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini di Sumatera Barat khususnya di kabupaten Tanah Datar akan dilaksanakan pilkada serentak. Berkaitan dengan hal tersebut Erman mengharapkan pilkada ini nantinya bisa diikuti oleh seluruh masyarakat dalam kondisi yang nyaman dan damai.



Namun demikian Erman juga mengingatkan bahwa saat ini masih dalam masa pandemi covid-19 yang belum ada vaksinnya. "Untuk itu mari kita saling menjaga agar tidak terpapar oleh virus tersebut dengan terus menerapkan hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan, selalu memakai masker saat berada di luar rumah, sering mencuci tangan dengan air yang mengalir serta selalu menjaga jarak dengan menghindari kerumunan," imbau Erman.


Kepada Pj. Wali Nagari yang baru dilantik, Erman juga berpesan agar segera melakukan langkah-langkah percepatan pembangunan dengan selalu berkoordinasi camat, unsur lain dan Pemerintah Kabupaten.


Terkait dengan adanya konflik antar nagari yang terjadi, Erman juga mengingatkan agar masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan pihak-pihak yang sengaja berniat untuk memecah belah persatuan, karena yang dirugikan semua pihak.


"Permasalahan batas ulayat, pemerintah cuma bisa memfasilitasi, karena keputusan mutlak berada di tangan masyarakat terutama tokoh masyarakat dan pemuka adat yang ada di nagari. Untuk menyelesaikannya butuh kejernihan hati dan pikiran," kata Erman.


Ronal Satria yamg dipercaya sebagai Pj. Wali Nagari Tambangan yang baru menyampaikan bahwa ini adalah yang ke-3 kalinya dirinya dilantik menjadi Pj. Wali Nagari. Sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Pj. Wali Nagari Atar Padang Ganting dan Nagari Taluak Lintau Buo.


Ronal juga berharap dalam menjalankan tugasnya seluruh komponen masyarakat Nagari Tambangan bisa mendukung sepenuhnya. Tidak itu saja, dukungan penuh juga diharapkan datang dari Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten.


Sementara, Beni Remon tokoh masyarakat yang juga sebagai anggota DPRD Tanah Datar mengatakan bertugas sebagai wali nagari tidak ada yang sulit, kuncinya adalah terus menjalin komunikasi dengan seluruh unsur yang ada di Nagari.


"Kita berharap di Nagari Tambangan tidak ada terjadi konflik seperti beberapa Nagari lainnya, hal ini tentu kita harus jeli dalam melihat dan menilai setiap permasalahan yang ada," pesannya.


Kepada Bupati, Beni Remon juga menyampaikan nagari Tambangan juga merupakan salah satu nagari yang sering terjadi bencana terutama bencana tanah longsor, untuk itu diharapkan mendapat perhatian khusus dari Bupati dan Pemerintah Daerah. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!