Breaking News

Connect With us

November 28, 2020

Tim Jibom Polda Sumbar Ledakan Granat Temuan Warga di Gor Rawang Pariaman

Tim Jibom Brimob Polda Sumbar bersiap meledakkan granat yang ditemukan warga

FS.Pariaman(SUMBAR)-Tim Penjinak Bom (Jibom) Polda Sumbar ledakan granat nenas aktif di lapangan bola kaki Gor Desa Rawang, Pariaman pada, Sabtu pagi (28/11).


Sebelumnya granat yang diledakkan merupakan temuan warga di Dusun Karan, Desa Taluk, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman pada, Jum'at (27/11) kemaren pada pukul 17:00 WIB.


Granat tersebut di temukan oleh seorang buruh bernama Indra Kelana Saputra (37) alamat Desa Padang Cakua Kecamatan Pariaman selatan. 


Kapolres Pariaman, AKBP Deny Rendra Laksmana mengatakan, kronologis penemuan granat berawal ketika adanya informasi dari masyarakat bahwa adanya penemuan granat oleh Indra.


"Dimana Granat tersebut ditemukan saat Indra dengan 2 (dua) orang saksi lainnya sedang bekerja menggali pondasi sebuah rumah di Dusun Karan Desa Taluk Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman.


Kemudian setelah beberapa hari saksi membersihkan tanah sisa galian pondasi dan menemukan Granat jenis nanas tersebut. 


Oleh Indra granat tersebut dibersihkan dan sempat dibawa pulang kerumahnya di Desa Padang Cakua.


"Mendapatkan informasi itu, kemudian Unit SPKT beserta piket Polres Pariaman mendatangi rumah Indra dan mengamankan Granat tersebut,"ulas Kapolres


Setelah itu lanjutnya, Kapolres melaporkan penemuan granat kepada Dansat Brimob dan Kapolda Sumbar.


"Kita mendapatkan petunjuk untuk menempatkan granat tersebut di tempat yang aman, sesuai dengan SOP penemuan granat," ulasnya


Dan Sabtu (28/11) Dansat Brimob menurunkan timnya untuk segera dilakukan Disposal sebagaimana prosedur yang telah ditentukan.


Kanit. Jibom Brimob Polda Sumbar Riska Efki mengatakan, tekhnis peledakan barang temuan dari amunisi militer langsung dilakukan Disposal ditempat.


"Karena untuk mengantisipasi jika tetap dibawa dan diletakkan digudang akan menjadi bom waktu nantinya. Makanya setelah mendapatkan informasi dari Polres Pariaman kita lakukan langsung satu tindakan,"ujar


Ini merupakan respon cepat dari Brimob untuk melakukan tindakan tersebut." Temuan ini merupakan Handak militer jenis granat nenas. Yang diperkirakan peninggalan dari sisa perang dunia ke dua, makanya jika dilihat kondisinya sudah berkarat,"pungkasnya.


Ia memperkirakan untuk di Sumbar mungkin masih banyak, karena selain sisa perang dunia bisa juga dari peninggalan PRRI.


"Untuk tahun ini, ada sekitar 10 temuan granat yang sudah diledakkan dan tergantung juga dari laporan masyarakat pada kepolisian setempat, dan terbanyak di daerah kota padang," ungkapnya.


Ia menghimbau, pada masyarakat yang menemukan bahan peledak peninggalan perang yang dianggap berbahaya segera lapor ke Bhabinkamtibmas atau polsek setempat. (war)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!