Breaking News

Connect With us

December 1, 2020

Jumlah Mahasiswa Sawahlunto di IAIN Batusangkar Meningkat dari Tahun ke Tahun


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-
Minat tamatan SLTA untuk meneruskan ke Perguruan Tinggi sangatlah besar dari tahun ke tahun di Kota Sawahlunto. Untuk itu  keberadaan Perguruan Tinggi sangatlah  membantu masyarakat Kota Sawahlunto seperti IAIN Batusangkar. Karna selain bisa menampung tamatan SLTA dari berbagai jalur penerimaan bisa juga terjangkau bagi orang tua murid yang berkemampuan  ekonomi menengah s ke bawah.


‘’Sebab dekat dan tentunya terjangkau biaya kuliah di IAIN  Batusangkar terjangkau,baik biaya makan maupun kost di Batusangkar tidaklah sebesar di kota-kota lain. Sehingga  dari tahun ke tahun  terus meningkat jumlah mahasiswa dari Sawahlunto masuk ke IAIN Batusangkar ditambah lagi mutu dan kwalitas tamatan dari sana bisa bersaing dengan tamatan kampus manapun’’ jelas  Rice Ricardo selaku Kepala Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar  Senin, 30 November 2020


 Torik selaku mahasiswa asal Kecamatan lembah segar juga mengatakan jumlah mahasiswa asal Sawahlunto cukup banyak menimba ilmu di IAIN Batusangkar.


‘’Kami yang kuliah di IAIN Batusangkar tak semua berkemampuan ekonomi menengah ke atas tapi ada beberapa di antara kami, orang tua berkemampuan menengah ke bawah.Jadi belajar di IAIN Batusangkar bisa terjangkau oleh semua kalangan masyarakat terutama  di Sawahlunto.’’ Ujar Torik.


Soal fasilitas , tambah Torik  kampus terus berbenah dan membangun sarana dan prasarana yang dibutuhkan seluruh jurusan. Dan kalau bicarasoal  kualitas, tamatan IAIN Batusangkar mampu bersaing dengan kampus manapun. Biaya pun terjangkau karna di Batusangkar kehidupan terjangkau  ,tempat kos pun semua berada di dekat kampus’’ tandasnya.


Sementara di lain  tempat Kepala Desa Kumbayau Ali Arman, SH yang ditemui  fokussumatera.com juga bernada hampir sama karna masyarakat Kumbayau juga banyak yang berminat meneruskan kuliah ke IAIN Batusangkar.


‘’Karena pada umumnya orang tua di Desa Kumbayau merasa aman anak-anak mereka meneruskan ke IAIN Batusangkar, selain sekolah agama juga berada di kota tetangga ,tak jauh dari Sawahlunto serta aman dan memungkinkan dijangkau dengan perjalanan pulang pergi, tidak perlu kost. Jadi orang tua merasa lebih percaya anak mereka melanjutkan ke kuliah di IAIN Batusangkar ketimbang ke kampus lain yang jauh dari Kota Sawahlunto’’ jelasnya. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!