Breaking News

December 5, 2020

Pemkab Tanah Datar Gelar Rakor Pilkada 2020


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-
Dalam rangka menyambut pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang,  Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Tanah Datar  menggelar Rapat Koordinasi  (Rakor)  Pilkada 2020 bersama  Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, OPD dan Camat se -Tanah Datar. Menurut keterangan Humas Tanah Datar dalam rilisnya hari ini, Rakor digelar Kamis, 03 November 2020 kemaren di di aula Eksekutif kantor Bupati Tanah Datar di Pagaruyung.


Acara juga dihadiri langsung oleh Pjs. Bupati Tanah Datar Erman Rahman; Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Wisyudha Utama; Kapolres Tanah Datar AKBP. Rokhmad Hari Purnomo serta  undangan lainnya.


Ketua Bawaslu Tanah Datar Hamdan menyampaikan pihaknya selaku Petugas Pengawas sudah siap untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, 09 Desember mendatang.


"Sebagai lembaga yang mengawasi pelaksanaan Pilkada, Bawaslu Tanah Datar siap mendukung dan sukseskan, hal ini juga ditunjukkan dengan melakukan test Rapid atau swab kepada petugas lapangan, sehingga nantinya kita berharap tidak ada petugas kita yang berpotensi ikut menyebar Covid-19. Sehingga masyarakat aman saat melaksanakan hak pilihnya" ujar Hamdan.


Sementara itu ketua KPU Tanah Datar Fahrul Rozi menyampaikan, kesiapannya dalam menghadapi Pilkada serentak di Tanah Datar sudah dipersiapkan sesuai mekanisme dan aturan berlaku.


 "KPU sendiri juga telah melakukan rapid test dan swab kepada petugas lapangan yang tersebar di 879 TPS se Tanah Datar, jika ditemukan ada yang positif kita segera tentukan langkah berikutnya untuk mengganti personil sehingga dipastikan nanti seluruh petugas bebas dari Covid-19" ujarnya.


Untuk logistik, tambah Fahrul Rozi, nantinya akan segera didistribusikan langsung ke Nagari dari H-3 sampai H-1 pemungutan suara. "Insya Allah, logistik Pilkada akan selesai distribusikan paling lambat H-1 pemungutan suara, namun tentunya kita juga berharap kerjasama semua pihak terkait, termasuk keamanan logistik ini, sehingga tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan" ujarnya.


Di kesempatan itu juga Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Wisyudha Utama menyampaikan TNI siap mendukung dan membantu kesuksesan Pilkada di Tanah Datar. "Tahun 2020 ini ada dua agenda khusus yang harus kita sukseskan bersama, yaitu sukses memilih pemimpin Sumatera Barat dan Tanah Datar, serta sukses memutus penyebaran Covid-19 dengan tetap menerapkan Prokes saat proses Pilkada" ujarnya.


Dandim juga menekankan, dalam menyambut Pilkada jangan ada oknum masyarakat yang berbuat merusak ketahanan dan keamanan daerah Tanah Datar. "Tanah Datar sebagai daerah tuo, asal muasal Miangkabau tentu menjadi perhatian lebih masyarakat dalam berbagai aspek, termasuk gelaran Pilkada, maka kalau ada oknum tak bertanggungjawab merusak ketahanan dan keamanan, kami TNI bersama Polri akan menindak tegas mereka" ujarnya.


Sejalan itu, Kapolres Tanah Datar AKBP. Rokhmad Hari Purnomo menyampaikan hal yang sama dengan Dandim 0307 Tanah Datar.


 "Polres Tanah Datar siap mengawasi 879 TPS se Tanah Datar, namun tentunya kondisi pandemi Covid-19 diharapkan dinas terkait bersama KPU berkomitmen agar penyebaran virus ini tidak terjadi dan penyebarannya dapat kita putuskan" ujarnya.


Kapolres juga mengingatkan, dinas dan pihak terkait juga memfasilitasi bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang memiliki hak pilih untuk bisa menggunakan hak. 


"Tentunya KPU bersama Dinas Kesehatan atau instansi terkait lainnya, bisa melaksanakan jaminan masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk menggunakan hak pilihnya, baik yang isolasi mandiri ataupun yang dirawat di rumah sakit lain di luar Batusangkar," pungkasnya. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!