Breaking News

December 10, 2020

TPS Palak Aneh, Pariaman Jumlah Pemilih dibawah 60%

Penghitungan surat suara di TPS II Desa Palak Aneh


FS.Pariaman(SUMBAR)-Jumlah pemilih di TPS I dan II Desa Palak Aneh, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman menurun dibawah 60% berdasarakn hasil rekap surat suara usai penghitungan pada, Rabu sore (9/12).


Di TPS I, Kantor Desa Palak Aneh jumlah DPT (Daftar Pemikih Tetap) 435 orang, 63 diantaranya diperantauan. Sedangkan yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 238 orang.


Sedangkan di TPS II, DPT 431 DPTB 4 dan yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 238 jiwa.


Ketua PPS (Panitia Pemungutan Suara) Desa Palak Aneh Maya Fitriani mengatakan, partisipasi pemilih menurun dimasa covid-19 ini, karena di Pilkada dan Pemilu sebelumnya jumlah pemilih mendekati 70% per TPS.


"Sekarang jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya hanya di atas kisaran 55% dengan adanya pandemi Corona," ujarnya.


Lanjutnya, untuk sosialisasi cukup gencar dilaksnaakan, bahkan setelah subuh di mesjid dan surau petugas PPS terus menghimbau supaya masyarakat datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya. 


"Bahkan kita juga mendatangi kelompok mayarakat memotivasi mereka untuk menggunakan hak pilihnya. Kalau kami dengar dari masyarakat cek suhu di TPS membuat warga jadi takut apalagi mendengar kata swab dan isolasi," ujarnya.


Anggota PPS Askari Rizal menambahkan, untuk menarik antusias warga datang memilih, di TPS I di dekorasi seperti acara pesta pernikahan.


"Di TPS I ini kita hias dengan mode seperti pelaminan dan petugas KPPS nya memakai baju kuruang basiba, yang mencirikan adat dan budaya minangkabau," ujar Askari.


Ia melanjutkan, maknanya di isaratkan bahwa Pilkada itu merupakan alek demokrasi. "Untuk itulah kita mendorong seluruh PPS dan KPPS, memberikan layanan terbaik bagi warga yang datang ke TPS," pungkasnya


Sedangkan dari KPU sendiri, mengadakan lomba bagi TPS yang berpenampilam menarik dan unik. Sekaligus bertujuan untuk menarik masyarakat datang ke TPS. (war)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!