Breaking News

Connect With us

December 11, 2020

Wako Deri Asta, SH Serahkan Bantuan Rumah Terdampak Longsor di Desa Talago Gunuang, Sawahlunto


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-
Akibat bencana tanah longsor, 5  rumah warga di Desa Talago Gunuang, Kecamatan Berangin,  Kota Sawahlunto mengalami rusak ringan. Pemerintah Kota Sawahlunto memberikan bantuan kepada 5 orang warga  yang rumahnya terdampak  bencana longsor longsor. Bantuan diserahkan langsung oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH  Kamis, 10 Desember 2020  kemaren di Kantor Desa Talago Gunuang. 


Dalam sambutannya Walikota Deri Asta menyampaikan  sedikit banyak bantuan itu bisa meringankan beban warga bersangkutan untuk memperbaiki rumahnya yang terdampak longsor itu. 


"Sudah didata dan disurvey oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sesuai hasil itu kita memberikan bantuan sejumlah Rp 750 ribu/rumah. Selain dengan bantuan berupa uang ini, sebelumnya tim BPBD dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) juga sudah turun ke lokasi untuk membantu beberapa saat setelah peristiwa bencana alam tanah longsor tersebut"  tutur  Deri Asta. 


Terkait kondisi kontur tanah yang membuat Desa Talago Gunuang rawan dengan bencana tanah longsor, Walikota Deri Asta mengingatkan agar Pemerintah Desa (Pemdes) setempat melakukan langkah - langkah preventif dalam mengantisipasi bencana tanah longsor itu. 


"Mari bersama ajak juga masyarakat untuk bergotong royong membersihkan saluran air/drainase. Biasanya dari sini paling tinggi resiko mengundang banjir dan tanah longsor. Kemudian juga ajak warga untuk menanam tanaman - tanaman yang bisa membuat tanah kuat sehingga tidak mudah dilanda banjir dan longsor" sebut Walikota Deri Asta.


Sebelumnya  Alfi Saputra selaku Kepala Desa Talago Gunuang melaporkan  5 rumah terdampak longsor yang terjadi pada Rabu ,25 November 2020 lalu  yang terdiri   3 rumah  di Dusun Guguak Balang,  1 rumah  di Dusun Koto dan  1 rumah  lagi di Dusun Ladang Laweh .. 


"Warga yang menerima bantuan ini atas nama Lili Suryanis, Asnibar, Darnawati, M. Yunus dan Darmusri," kata Alfi Saputra.  (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!