Breaking News

Connect With us

February 25, 2021

Penyusunan Rancangan Awal RKPD, Pemkab Tanah Datar Gelar FKP


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Dalam rangka penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP).


Kegiatan ini dilaksanakan menjelang Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat  Kecamatan, Forum Lintas Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kabupaten di tahun 2022 mendatang. 


Menurut keterangan Humas Pemda Tanah Datar dalam rilisnya hari ini, FKP digelar Selasa, 23 Februari 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting.


Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Plh. Bupati Tanah Datar Irwandi.


FKP ini  menghadirkan narasumber yaitu Dr. Ir. Eri Gas Ekaputra, MS Direktur Nagari Development Center Unand Padang dan Dr. H. Syukri Iska, M.Ag dari IAIN Batusangkar. 


Dalam sambutannya Irwandi mengatakan bahwa FKP itu juga amanat dari Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) pasal 80 ayat 1.


"Dalam RKPD pasal 80 ayat 1 tersebut dinyatakan bahwa rancangan awal RKPD dibahas bersama Kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk mendapatkan masukan dan saran untuk kesempurnaan dalam rangka penyusunan RKPD itu sendiri" sebut Irwandi.


Irwandi juga mengatakan jika rancangan awal RKPD Tanah Datar 2022 itu merupakan perencanaan "tahun transisi" sebab masa berlaku RPJMD 2016-2021 akan berakhir, seiring dengan berakhirnya masa jabatan Kepala Daerah dan disertai dengan penyusunan RPJMD tahun 2021-2026.


FKP awal RKPD secara virtual yang dimoderatori Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah itu diikuti Ketua, Wakil Ketua DPRD beserta Anggota, Staf Ahli, para Asisten, kepala Perangkat Daerah, Bundo Kanduang, Tokoh masyarakat dan turut diikuti Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar terpilih masa jabatan 2021-2026.


Dr. Ir. Eri Gas Ekaputra, MS dalam paparannya menyampaikan Strategi Recovery Ekonomi Kabupaten Tanah Datar di tengah Pandemi Covid-19 Tahun 2022. 


Menurutnya, Kabupaten Tanah Datar sebagai daerah agraris, sebahagian penduduknya bergerak di bidang pertanian, tanaman pangan. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!