Breaking News

Connect With us

February 20, 2021

Tingkatkan Kualitas Dosen dan Pendidikan, IAIN Batusangkar Gelar FGD


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Kualitas Dosen adalah faktur strategis dan dominan yang menentukan tingkat keberhasilan pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi (PT). Karena Dosenlah yang akan berperan aktif dalam proses transformasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) kepada Mahasiswa.


Terkait hal tersebut Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk "Strategi Percepatan Karir Dosen Berdasarkan Aturan Fungsional (JAFUNG) Tahun 2019".


Sebagaimana disampaikan Humas IAIN Batusangkar Doni Okta kepada fokussumatera.com, acara FGD itu digelar Kamis, 18 Februari 2021 di Auditorium Kampus I IAN Batusangkar  melalui aplikasi Zoom Meeting.


Narasumber yang dihadirkan antara lain Dr. Muhammad Sofwan Effendi, M.Ed dan Prof. Ganefi, Ph.D Rektor Universitas Negeri Padang.


Rektor IAIN Batusangkar Dr.Marjoni Imamora, M.Sc menypaikan Dosen yang dimiliki IAN Batusangkar saat ini sebanyak 226 Dosen Tetap, 1 Guru Besar, 28 Lektor Kepala 88 Lektor dan Asisten Ahli daa Asisten Ahli sebanyak 109 orang.


"Dari data ini kita berupaya memacu pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam peningkatan kualitas dan kuantitas dosen di IAIN Batusangkar, serta peningkatan kesejahteraan berbasis penilaian kinerja" terang Marjoni.


Lebih lanjut Marjoni mengatakan "Dimana dari jumlah tersebut kita menargetkan kedepannya akan bisa melahirkan 15 orang Guru Besar (Profesor) dan Lektor Kepala sebanyak 75 orang sampai tahun 2024".


Dengan kehadiran Direktur Sumber Daya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan juga Rektor Universitas Negeri Padang, momentum persiapan IAIN Batusangkar dalam program akselerasi percepatan Guru Besar bisa terwujud lebih cepat.


Disamping itu upaya IAIN Batusangkar dalam perjuangan transformasi alih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) yang salah satu syaratnya harus ada Guru Besar juga akan segera diwujudkan.


Dr.Marjoni Imamora, M.Sc juga mengatakan Pihak Kampus akan berupaya memperkokoh Ilmu Agama dan Ilmu Umum sebagai Kampus Sajian Islam bereputasi Global.


"Ini kita upayakan tanpa meninggalkan nilai-nilai kearifan lokal yang kita sebut dengan UIN Refleksi Surau di masa kini" lanjutnya.


Terakhir Marjoni menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prof.Ganefri selaku Rektor Universitas Negeri Padang yang telah mendukung proses alih status IAN Batusangkar, dengan Support 5 orang Guru Besar (Profesor). Mudah-mudahan kerjasama ini dapat ditingkatkan si masa yang akan datang".(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!